SMK Negeri 2 Bandar Lampung Gelar Madabintal

  • Bagikan
Pembukaan Madabintal di SMK Negeri 2 Bandar Lampung, Jumat sore (18/11/2022). ISTIMEWA

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bandar Lampung, Provinsi Lampung, menggelar Masa Dasar Bimbingan Fisik dan Mental (Madabintal), di sekolah setempat, pada 18-20 dan 25-27 November 2022.

Madabintal yang diikuti 749 siswa kelas 10 dan dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Dra. Zuraida Kherustika, ini untuk mengembangkan, membentuk watak dan kepribadian siswa menjadi pribadi lebih baik.

“Madabintal ini upaya sekolah untuk membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik melalui pembinaan fisik dan mental,” ujar Zuraida Kherustika, saat membuka Madabintal di lapangan SMK Negeri 2 Bandar Lampung, Jumat sore (18/11/2022).

Melalui kegiatan ini, katanya yang kesempatan itu mewakili Kepala Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar, M.M, kedisiplinan siswa diharapkan semakin bertambah, memiliki sikap tangguh, berkerja secara efisien, tangkas, serta taat terhadap peraturan.

Baca Juga:  Kelulusan Siswa SMP Kota Bandar Lampung Mencapai 100 Persen

“Kegiatan dengan menggandeng personil dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung, ini bertujuan membina mental para siswa. Dalam kegiatan ini dipastikan tidak ada kekerasan, baik fisik maupun psikis, apalagi perlakuan yang tidak manusiawi terhadap siswa,” tegasnya.

Sementara Kepala SMK Negeri 2 Bandar Lampung, Drs. Moh Edy Harjito, menjelaskan Madabintal yang diikuti siswa kelas 10, dilaksanakan menjadi dua gelombang, yakni pada 18-20 November diikuti 377 siswa dan 25-27 November diikuti 372 siswa.

Selama mengikuti Madabintal, para siswa akan mendapatkan materi terkait kedisiplinan, pendidikan mental, serta penanaman nilai juang dalam berbangsa dan bernegara. Materi-materi itu, lanjutnya, akan menjadi penyemangat siswa dalam belajar dan berprestasi.

Baca Juga:  Pemberitaan SMKN 2 Bandar Lampung Disebut Pungut Uang Daftar Ulang Rp8 Juta Per Siswa Itu Hoaks

“Madabintal yang dilakukan sekolah adalah upaya pengembangan dan membina kepribadian siswa. Kegiatan ini sangat baik karena dapat menempa metal siswa semakin bagus, disiplin, tahan banting, dan tak gampang terprovokasi,” katanya.

“Kita ketahui bersama, saat ini trennya anak-anak adalah tawuran dan geng motor. Itu karena anak-anak terprovokasi lewat media sosial. Melalui Madabintal yang digelar tiga hari dua  malam ini, mudah-mudahan siswa kami semakin disiplin,” sambung dia.

Kemudian Ketua Pelaksana Madabintal, Liswandi, M.Pd menambahkan, selama kegiatan para siswa akan diawasi penuh oleh para instruktur dari Pangkalan TNI AL dan dewan guru sekolah.

“Insyaallah, usai mengikuti Madabintal ini, para siswa akan semakin tangguh mentalnya dan mampu berjuang dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Itu harapan kami,” ujar Wakil Kepala SMK Negeri 2 Bidang Kesiswaan itu. (***)

Baca Juga:  K3S Merbau Mataram Adakan Rakor Rutin
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *