Cegah Paham Radikalisme, MAN 1 Bandar Lampung Gelar Pembinaan Wawasan Kebangsaan

  • Bagikan
Civitas akademika MAN 1 Bandar Lampung mengikuti Pembinaan Wawasan Kebangsaan, pada Selasa (31/01/2023). ISTIMEWA

Potensinews.id, BANDARLAMPUNG – Civitas akademika MAN 1 Bandar Lampung mengikuti Pembinaan Wawasan Kebangsaan, pada Selasa (31/01/2023) yang dilaksanakan di gedung serba guna sekolah setempat.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Sinergitas Guna Mencegah Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme” bertujuan, guna mencegah masuknya paham radikalisme di lingkungan madrasah.

Kepala MAN 1 Bandar Lampung, Lukman Hakim,S.Pd.M.M mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan ini. 

“Kegiatan ini dapat menumbuhkan dan memantapkan ideologi pancasila dan ini tentu sangat penting demi menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Bidang Madrasah Provinsi Lampung, Ahmad Rifai,S.E.M.M mengatakan, untuk mencegah paham radikalisme Kemenag sudah melakukan berbagai upaya. Di antaranya,dengan membentuk tim anti radikalisme, mensosialisasikan moderasi beragama dan mengimbau untuk selalu memiliki cinta tanah air dan bela negara.

Baca Juga:  Kembali Mengukir Prestasi, MAN 1 Bandar Lampung Raih Dua Medali di Ajang KSM Nasional

“Mudah-mudahan dengan pembinaan ini dapat memperkokoh mentalisme dan pemahaman ideologi pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber yakni, Ipda Solikhin dari Polda Lampung menjelaskan, pembinaan diawali dengan pemaparan tentang sejarah paham anti radikalisme dan Terorisme di Indonesia. 

Dicontohkan pula, beberapa kejadian di Timur Tengah seperti Suriah, Taliban dan Afghanistan hingga tindak pidana terorisme di Indonesia.

“Paham radikalisme menjadi momok yang menakutkan bagi keutuhan bangsa,apalagi saat ini banyak berita hoax yang juga berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Ipda Solikhin juga menegaskan, pengikut paham radikalisme tidak menganut toleransi. Penganut radikalisme sangat fanatik terhadap madhab tertentu.

Baca Juga:  Sinergi Sekolah dan Orangtua Kunci Keberhasilan Pendidikan Anak

“Jangan sampai kita terpapar dari sisi pemahaman ( intoleransi), jangan sampai kita terpapar dari sisi sikap (radikalisme), dan jangan sampai kita terpapar dari sisi tindakan (terorisme),” pungkas Solikhin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *