Pemerintah kota Bandar Lampung, Meraih Penghargaan Sebagai Kota Terinovatif 2023 Dari Kemendagri

  • Bagikan
(Potensinews.id)

Potensinews.id, BANDARLAMPUNG – Pemerintah Kota Bandar Lampung dianugerahi penghargaan sebagai Kota Terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Selasa, 12 Desember 2023.

Penyerahan perhargaan berlangsung di Kantor Kemendagri Jakarta, itu dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian kepada Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana.

Pemberian penghargaan dalam acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2023, merupakan upaya memotivasi pemda daerah untuk meningkatkan inovasi di wilayahnya masing-masing.

Atas apresiasi yang diberikan Kemendagri, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengaku akan menjadikan penghargaan tersebut sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik lagi di lingkungan pemerintahanya.

“Alhamdulillah, pada IGA 2023 Pemkot Bandar Lampung kembali meraih penghargaan. Terima kasih untuk Kemendagri yang telah memberikan apresiasi ini,” ujar Wali Kota Eva Dwiana.

Baca Juga:  Pemkot Bandar Lampung, Meraih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023

IGA 2023 ini diberikan sebagai bentuk pengakuan pemerintah pusat atas upaya dan dedikasi Pemkot Bandar Lampung dalam menerapkan inovasi di berbagai sektor pemerintahan.

“Apresiasi ini menjadi wujud nyata apresiasi terhadap upaya Pemkot Bandar Lampung yang telah terus berinovasi di lapisan pemerintahan,” ujar Wali Kota Eva Dwiana.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, mengatakan bahwa berinovasi di lingkungan pemerintah sangat penting, guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Melalui penganugerahan ini, ia berharap pemerintah daerah terus melakukan kreasi dan inovasi dalam rangka memperkuat sistem demi keberlangsungan pemerintahan.

“Harapannya, inovasi yang dilakukan tidak sekedar mendapatkan award, namun mampu membuat sistem yang baik. Kesuksesan terbesar di pemerintah adalah berinovasi,” katanya

Baca Juga:  Launching UHC, Pemkot Bandar Lampung Pastikan 96,16 Persen Penduduknya Terdaftar Peserta JKN-KIS

Diketahui, Pemerintah Bandar Lampung meraih penghargaan sebagai Kota Terinovatif 2023 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia bersama 10 kota lain di Indonesia.

Inovasi yang dilakukan Pemkot Bandar Lampung pada penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2023 yakni inovasi daerah melalui aplikasi Sipandu dan Silajis.

Sipandu singkatan dari Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Terpadu dan Silajis singkatan dari Sistem Informasi Layanan Jaringan Inovasi Sekolah, merupakan aplikasi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung sebagai pusat pelayanan masyarakat secara online.

Sipandu adalah penyelenggaraan pelayanan publik Disdikbud yang proses pengelolaannya dilakukan secara online mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat dengan mudah, cepat, jelas, dan transparan.

Baca Juga:  Peringati Hari Ibu Ke-95, Walikota Hj. Eva Dwiana Mengusung Tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju,"

Sedangkan Silajis merupakan wadah atau tempat menampung produk dan inovasi sekolah secara online dalam bentuk content dan video content yang memuat tentang inovasi sekolah yang dikoordinatori melalui Koordinator Wilayah Disdikbud. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *