Kegiatan USPK Provinsi Lampung di Gelar di Kabupaten Pesibar

  • Bagikan
POTENSINEWS.id/Andyou

Potensinews.id, Pesisir Barat – Wakil Bupati Pesisir Barat (Pesibar), A. Zulqoini Syarif, S.H., menghadiri kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung, di Balai Pekon Way Napal Kecamatan Krui Selatan, Sabtu(16/12/2023).

Selain Wakil Bupati tampak hadir langsung juga dalam kegiatan itu Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung (PKDL), Riana Sari Arinal, Kepala Dinsos Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi M.Si, Ketua I Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Yulnawati Zulqoini, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pesibar, L. Liastuti, S.Pd., M.M., perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para Peratin se-Kecamatan Krui Selatan, dan masyarakat penerima bantuan disabilitas se-Pesibar.

Baca Juga:  Bupati Pesisir Barat AGUS ISTIQLAL Hadiri Gala Dinner WSL

Kegiatan tersebut diwarnai dengan penyerahan bantuan alat bantu bagi 100 orang masyarakat penyandang disabilitas berupa alat bantu dengar, kursi roda, dan tongkat jalan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PKDL, Riana Sari Arinal.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Zulqoini Syarif mengatakan penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan masyarakat lainnya.

Menurut Wakil Bupati Zulqoini Syarif, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, ragam penyandang disabilitas meliputi penyandang disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, disabilitas sensorik, dan disabilitas multi/ganda.

Baca Juga:  EDO, Calon Anggota DPRD Pesisir Barat Dapil Satu Partai Nasdem, No Urut. 1, Berikan Bantuan Kabel Listrik Di Pekon Lambuhan Mandi

Wakil Bupati Zulqoini Syarif menjelaskan, kegiatan UPSK merupakan salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang cacat atau penyandang disabilitas. “Pelaksanaan UPSK ini adalah bentuk komitmen pemerintah terhadap pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” ungkap Wakil Bupati Zulqoini Syarif.

Wakil Bupati Zulqoini Syarif berpendapat, kegiatan UPSK penting untuk didukung karena memberikan kepedulian dan pelayanan sosial keliling kepada penyandang disabilitas, khususnya di Pesibar. “Pemkab Pesibar terus berupaya untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dengan berbagai program yang telah dilaksanakan,” tandasnya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan pemenuhan kebutuhan dasar serta hak bagi penyandang disabilitas di Pesibar,” tukasnya.

Baca Juga:  Bupati Agus Istiqlal Terima Audiensi Tim Penataan Desa Provinsi Lampung

Sementara itu Ketua Umum PKDL, Riana Sari Arinal berharap agar bantuan tersebut untuk bisa diserahkan tepat sasaran dan dimanfaatkan sebaik mungkin. “Sehingga tujuan direalisasikannya bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas dapat tercapai,” tutur Ketua PKDL, Riana Sari Arinal. (Andyou)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *