Mahasiswa KKN Unila di Kampung Catur Karya Buana Jaya, Gelar Perpisahan Dengan Warga Dan Aparatur Desa

  • Bagikan
(Potensinews.id)

Potensinews.id, TULANGBAWANG – Dalam rangka penutupan program kerja terakhir yang berkolaborasi dengan karang taruna Kampung Catur Karya Buana Jaya, mahasiswa KKN gelar acara perpisahan dengan warga desa, Rabu (7/2/2024).

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unila Periode 1 Tahun 2024 yang terdiri dari berbagai fakultas yaitu M. Yalqa Fadlillah Dhafin (Fak. Hukum), Ilham Muhammad Bintang (Fak. Teknik), Carissa Shela May Elvina LA (Fak. Hukum), Fristin Dea Pamela (Fak. Hukum), Salsabila Disa (Fak. Teknik), Patresia Meiulina (Fak. Sospol) dan I Ketut Gede Rama Sugardha (Fak. Sospol).

Para Mahasiswa KKN menggelar berbagai macam acara dan kegiatan di Kampung Catur Karya Buana Jaya Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang, salah satunya adalah “KKN Fun Competition” yang merupakan program kerja terakhir yang juga ikut melibatkan karang taruna di desa tersebut.

Baca Juga:  Audiensi ke Kejati, Universitas Lampung Minta Penguatan Integritas dan Leadership

Adapun kegiatan tersebut meliputi 3 perlombaan yang dilaksanakan selama 3 hari yang terhitung dari tanggal 3 Februari 2024. Perlombaan-perlombaan yang diadakan ialah: lomba adzan, lomba badminton, dan lomba futsal bagi ibu-ibu.

Rangkaian acara puncak yang diselenggarakan pada Rabu (7/2/2024) meliputi persembahan tari pendet dari Sanggar Tari Bhatari, penyampaian kata sambutan dari Kepala Kampung, Wakil Ketua Karang Taruna dan dari pihak mahasiswa di wakili oleh Koordinator Desa, pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah, acara perpisahan mahasiswa KKN dengan menampilkan video rekapan kegiatan yang dilaksanakan selama 1 bulan.

Penyampaian kesan dan pesan dari masing-masing mahasiswa KKN, menyanyikan lagu perpisahan bersama-sama sembari berkeliling dan berpamitan dengan warga desa, dan ditutup dengan kegiatan makan tumpeng bersama.

Berbagai lapisan masyarakat turut hadir memeriahkan acara tersebut, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Perangkat-perangkat desa seperti kepala kampung, sekretaris kampung, dan ketua PKK.

Baca Juga:  Rektor Unila Sosialisasikan PPKS dan Anti-Narkoba kepada Pimpinan Universitas dan Fakultas

Dalam sambutannya Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya, Egifson, S.Sos.turut mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN di desanya, dia juga mengatakan bahwa mahasiswa-mahasiswa KKN tersebut dapat menjadi contoh dalam kehidupan di tengah keberagaman.

“Mereka juga tadinya ‘gak saling kenal satu sama lain sebelum datang ke desa ini, diantara mereka juga pernah terjadi konflik antara satu sama lain.

Tapi seperti yang kita lihat, hal tersebut tidak menghalangi mereka, malah itu menjadikan mereka lebih mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga dapat menyelesaikan program-program mereka dengan maksimal. Saya kira itu bisa menjadi contoh yang baik”, ungkapnya.

Tidak hanya itu, Rudy, selaku Wakil Ketua Karang Taruna Kampung Catur Karya Buana Jaya, menyampaikan bahwa acara-acara yang diselenggarakan telah meningkatkan kebersamaan antar warga, serta menyampaikan juga bahwa hubungan persahabatan dan pertemanan jangan sampai putus.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN Unila, Sosialisasi Tentang "Malaria", Di Desa Sukajaya

Dalam kesempatan yang sama perwakilan mahasiswa M. Yalqa Fadlillah Dhafin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Catur Karya Buana Jaya dan pemerintah kampung yang telah membantu para mahasiswa selama KKN ini dilaksanakan.

“Khususnya bapak Kepala Kampung dan Ibu yang telah bisa menerima kami untuk KKN di kampung ini sehingga waktu 40 hari sangat terasa pendek sekali dan kami juga mohon maaf atas segala kesalahan serta kekurangan dari kami maklum kami masih tahap belajar dan semoga talisilaturahmi kita kedepan tetap akan terjalin.”Kata Dhafin.

“Satu salam terakhir dari saya, yaitu jangan sampai hubungan pertemanan dan persahabatan kita terputus”,Sambungnya. (Rilis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *