Danramil 410-01 Panjang Dorong Peran Babinsa

  • Bagikan
Danramil 410-01 Panjang Dorong Peran Babinsa
Mayor Inf HG Sinaga, Danramil 410-01 Panjang, mengingatkan pentingnya peranan Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak TNI Angkatan Darat dalam bidang teritorial. Foto: Istimewa

Potensinews.id – Danramil 410-01 Panjang dorong peran Babinsa.

Mayor Inf HG Sinaga, Danramil 410-01 Panjang, mengingatkan pentingnya peranan Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak TNI Angkatan Darat dalam bidang teritorial. 

Dalam apel pagi pada Rabu, 24 April 2024, di Makoramil 410-01/Panjang, Bandarlampung,Mayor Sinaga menekankan lima kemampuan utama yang harus dikuasai oleh Babinsa dalam melaksanakan tugasnya.

Mayor Sinaga menjelaskan bahwa Babinsa harus memiliki kemampuan cegah dini, deteksi dini, dan lapor cepat terhadap berbagai situasi di wilayah binaannya. 

Selain itu, kemampuan komunikasi sosial dan manajemen teritorial menjadi kunci sukses dalam membina dan memantau kondisi teritorial secara efektif.

“Hadirnya Babinsa harus bermanfaat bagi masyarakat, memberikan solusi, meringankan beban.

Baca Juga:  SDN 2 Margadadi dan Babinsa Posramil Jati Agung Laksanakan Upacara Bersama

“Dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekitarnya sesuai dengan delapan wajib TNI,” ujar Mayor Sinaga.

Lebih lanjut, Mayor Sinaga menggarisbawahi bahwa pemetaan kondisi teritorial harus dilakukan secara terus-menerus. 

Hal ini memungkinkan Babinsa untuk merespons cepat terhadap berbagai perubahan dan ancaman yang mungkin timbul di wilayah binaannya.

“Tugas seorang Babinsa tidak hanya sekadar melaporkan, namun juga harus mampu memberikan solusi konkret kepada masyarakat.

“Serta menjadi representasi keberadaan TNI di tengah-tengah mereka,” tambah Mayor Sinaga.

Pentingnya kedisiplinan dan kepatuhan dalam ibadah juga disampaikan oleh Mayor Sinaga kepada anggotanya. 

Ia menekankan bahwa kedisiplinan menjadi pondasi utama dalam menjalankan tugas di lapangan.

Apel pagi ini mencerminkan komitmen Danramil 410-01/Panjang untuk terus meningkatkan efektivitas peran Babinsa dalam membina dan memastikan keamanan serta kesejahteraan masyarakat di wilayah binaan. 

Baca Juga:  Tumbuhkan Jiwa Patriot Dan Kedisiplinan, Babinsa Latih Linmas PBB Dan Wawasan Kebangsaan

Semangat pembinaan teritorial yang ditanamkan kepada anggota TNI diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kehidupan dan keamanan nasional.

Penyampaian ini juga menjadi momentum penting untuk memperkuat peran Babinsa sebagai agen pembangunan yang proaktif dan responsif di tengah-tengah masyarakat.(Novis)

  • Bagikan