Genbi Membangun Desa: Belajar Asik di Desa Marga Kaya

  • Bagikan
Genbi Membangun Desa: Belajar Asik di Desa Marga Kaya
Desa Marga Kaya di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan menjadi saksi kegiatan inspiratif yang melibatkan Genbi UIN Raden Intan Lampung dan Bimbel Abbasy. Foto: Dok Genbi UIN RIL

Potensinews.id – Genbi membangun desa belajar asik di Desa Marga Kaya.

Minggu, 5 Mei 2024, Desa Marga Kaya di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan menjadi saksi kegiatan inspiratif yang melibatkan Genbi UIN Raden Intan Lampung dan Bimbel Abbasy.

Kegiatan ini, yang merupakan bagian ke-7 dari rangkaian “Belajar Asik”, adalah hasil kolaborasi antara kedua entitas tersebut.

Dengan tema “Bersama GenBI Tingkatkan Literasi dan Wujudkan Inovasi”, minggu pertama kegiatan ini dipusatkan pada aspek keagamaan.

Tujuannya adalah memperkuat semangat belajar dan meningkatkan pemahaman agama Islam, serta mempererat rasa peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan ini, yang direncanakan berlangsung selama enam pekan, memperoleh antusiasme yang tinggi dari anak-anak Bimbel di Desa Marga Kaya.

Baca Juga:  Sosialisasi BOS SD, Kepala Disdikbud: Kepala Sekolah Wajib Awasi Penggunaan Dana BOS

Minggu depan, agenda kegiatan akan melibatkan pembelajaran tentang CBP (Cinta, Bangga, Paham) Rupiah, diikuti dengan kegiatan Bersendai untuk mengajak menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan, dan kemudian pelatihan keterampilan handmade.

Acara ini juga merupakan bagian dari program rutin dari divisi pendidikan Genbi UIN Raden Intan Lampung yang telah diadakan selama tujuh tahun berturut-turut.

M Yusuf Prawiro, Ketua Bidang Pendidikan, menyatakan kebahagiaannya atas kelancaran acara ini, sambil berharap agar Genbi dapat terus memberikan manfaat di masa mendatang.

Alvin Destian Ronaldi, Ketua Umum Genbi UIN Raden Intan Lampung, juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah kecil Genbi UIN RIL untuk meningkatkan literasi.

“Dengan harapan agar dapat terus berlanjut hingga minggu ke-6 dan di masa depan, serta mengundang lebih banyak komunitas dan relawan untuk mengadakan kegiatan serupa,” ujarnya.

Baca Juga:  MTs Negeri 2 Bandar Lampung Gelar Talkshow Bahasa Inggris Untuk Kelas Unggul dan Khusus

Sementara Ketua Genbi Lampung, Sadam Husein, menyatakan bahwa Basik adalah kegiatan yang mampu meningkatkan motivasi dalam literasi melalui program Genbi, terutama bagi anak-anak di daerah pedesaan seperti Desa Marga Kaya.

Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya tentang pembelajaran, tetapi juga tentang memotivasi dan memberdayakan masyarakat setempat. (Annisa)

  • Bagikan