Mantan Sekda Lampung Diusulkan Jadi Cawagub 2024

  • Bagikan
Mantan Sekda Lampung Diusulkan Jadi Cawagub 2024
Sejumlah tokoh senior PDIP Lampung mengusulkan nama Sekretaris DPD PDIP Lampung Sutono maju di pemilihan gubernur Lampung 2024. Foto: Istimewa

Potensinews.id – Mantan Sekda Lampung diusulkan jadi Cawagub 2024.

Sejumlah tokoh senior PDIP Lampung mengusulkan nama Sekretaris DPD PDIP Lampung Sutono maju di pemilihan gubernur Lampung 2024.

Pasalnya Sutono dinilai layak dan pantas maju pilgub Lampung karena pengalamannya sebagai birokrat di Lampung dan pernah menduduki jabatan tertinggi ASN di Lampung sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Lampung.

“Kita ingin pak Sutono maju di Pilgub Lampung.Karena Kita ingin ada kader PDIP yang bisa maju, dan punya peluang menang. Dan itu ada pada sosok Pak Sutono,” ungkap Gatot Suranto tokoh senior PDIP Lampung, Senin, 10 Juni 2024.

Pasalnya kata Gatot, sosok Sutono punya pengalaman birokrasi yang mumpuni karena pernah menjabat sekretaris Daerah Provinsi Lampung.

Baca Juga:  Rektor Teknokrat Soroti Pentingnya Leadership dan Manajemen di Era Gen Z

Gatot Suranto menambahkan dengan pengalaman dan komitmen politik yang dimiliki, Sutono dianggap sebagai figur yang mampu membawa perubahan positif bagi Lampung.

Selain itu, visi Sutono yang sejalan dengan misi partai PDIP juga menjadi pertimbangan penting bagi Gatot dan para pendukungnya.

Senada disampaikan sesepuh PDIP Lampung lainnya Tarmudji BE.

Tarmudji menyebut nama Sutono sudah masuk perbincangan di kalangan internal kader PDIP akar rumput.

“Nama pak Sutono ini memang sudah jadi perbincangan kami, karena memang dia salahsatu kader yang memang dinilai punya peluang untuk maju dan layak,” tegasnya.

Saat ditanya terkait apakah ingin mengusulkan Sutono sebagai gubernur atau wakil gubernur?

Tarmudji mengaku hal itu sesuai kehendak partai saja.

Baca Juga:  Gubernur Arinal Djunaidi Mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Menteri Dalam Negeri

“Terserah partai mau BE 1 atau BE 2 yang penting ada kader PDIP dan punya peluang menangnya besar. Buat apa kalau maju tapi tidak punya peluang menang. Kita realistis saja, kalau Cagub berat bisa saja wakil,” tukasnya.

Diketahui Sutono merupakan Sekretaris DPD PDIP Lampung, ia adalah seorang pensiunan dan mantan Sekda Provinsi Lampung yang dilantik tahun 2016 silam.

Pria kelahiran Karanganyar, Jawa Tengah 28 Juli 1958 lalu itu, seorang birokrat tulen yang meniti karier sebagai Pegawai Negri Sipil (PNS) dari Staf Dit Taman Nasional dan Hutan Wisata di Bogor Dephut tahun 1983.

Sebelum menduduki Sekda Provinsi Lampung, ia sudah malang melintang menduduki beberapa jabatan strategis di pemerintaan.

Baca Juga:  JPN Lampung Menegaskan, Dukungan Perjuangan Untuk AMIN

Sutono pernah menjadi kepala Dinas Perkebunan, Kadis Kehutanan, Kadis Dinas Kominfo, Kadis Dinas Pertanian, sampai Sekda Provinsi.

Namun setelah mencapai puncak karier menduduki jabatan tertinggi birokrasi di Pemerintahan Sutno pada 2018 pensiun dini dari PNS.

Karena Sutono mencalonkan diri di Pilgub Lampung menjadi calon wakil gubernur Lampung berpasangan dengan Herman HN.

  • Bagikan