Pj Gubernur Lampung Hadiri Penyampaian LHP BPK RI di Jakarta

  • Bagikan
Pj Gubernur Lampung Hadiri Penyampaian LHP BPK RI di Jakarta
Pj Gubernur Lampung, Samsudin, menghadiri acara penyampaian LHP atas LKPP Tahun 2023 dan IHPS II Tahun 2023 di Jakarta Convention Center pada Senin, 8 Juli 2024. Foto: Dok Pemprov Lampung

Potensinews.id – Pj Gubernur Lampung hadiri penyampaian LHP BPK RI di Jakarta.

Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, menghadiri acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtiar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023 di Jakarta Convention Center pada Senin, 8 Juli 2024.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara dan kepala daerah.

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas dedikasinya dalam melakukan pemeriksaan keuangan negara dengan profesionalisme tinggi.

Presiden juga mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah yang berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan tahun 2023.

Baca Juga:  Saat Membuka FGD Gubernur Menekankan "Pentingnya Menjaga Dan Meningkatkan Keterbukaan Informasi"

“Sering saya sampaikan bahwa WTP bukan prestasi, melainkan kewajiban kita semua. Kewajiban menggunakan APBN dan APBD dengan baik serta mempertanggungjawabkannya dengan baik pula,” ujar Presiden.

Presiden Joko Widodo juga menyoroti tantangan yang dihadapi Indonesia dalam mempertahankan kestabilan ekonomi dan politik di tengah situasi geo-politik global yang tidak menentu, perubahan iklim, serta pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

Ia bersyukur bahwa ekonomi dan politik Indonesia tetap stabil.

Terkait regulasi dan birokrasi, Presiden mendorong agar pemerintah lebih berani dan fokus pada hasil yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

“Reformasi struktural yang telah berjalan harus dilanjutkan. Sinkronisasi regulasi dan penyederhanaan prosedur perlu diteruskan agar pemerintah berjalan lebih efektif dan efisien, berorientasi pada hasil bukan prosedur,” tegasnya.

Baca Juga:  Ibu Riana Sari Arinal dan Jajaran LKKS Bagikan Takjil Gratis

Menutup sambutannya, Presiden Joko Widodo berharap dukungan dari BPK RI dan seluruh komponen bangsa dalam masa transisi pemerintahan dari dirinya kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Saya juga mengharapkan BPK RI terus mendukung perbaikan ekosistem pemerintahan, membangun pemerintahan yang akuntabel dan fleksibel. Saya yakin pemerintahan sekarang dan yang akan datang akan selalu memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK,” pungkasnya.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtiar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2023 diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI, Isma Yatun, kepada Presiden Joko Widodo.

  • Bagikan