Unila Gelar In-House Training Kecerdasan Buatan Bidang Kesehatan

  • Bagikan
Unila Gelar In-House Training Kecerdasan Buatan Bidang Kesehatan
Unila melalui Tim Proyek Pendidikan Tinggi Teknologi dan Inovasi (HETI) menyelenggarakan In-House Training on Advanced Artificial Intelligence in Healthcare Research di Hotel Horison. Foto: Dok Unila

Potensinews.id – Unila gelar in-Hlhouse training kecerdasan buatan bidang kesehatan.

Universitas Lampung (Unila) melalui Tim Proyek Pendidikan Tinggi Teknologi dan Inovasi (HETI) menyelenggarakan In-House Training on Advanced Artificial Intelligence in Healthcare Research di Hotel Horison, Bandarlampung, dari tanggal 9 hingga 12 Juli 2024.

Kegiatan dengan tema “Bioinformatika dan AI dalam Penelitian Medis” ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Suripto Dwi Yuwono.

Dalam sambutannya, Suripto menyampaikan bahwa kecerdasan buatan (AI) memiliki peran penting dalam dunia kesehatan, khususnya untuk membantu tenaga kesehatan dalam pekerjaan yang memerlukan penerapan ilmu kesehatan.

AI dapat dikembangkan melalui penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan, dan selanjutnya diimplementasikan dalam sistem pelayanan kesehatan.

Baca Juga:  Rektor Unila Berikan Semangat dan Motivasi Siswa SMA 2 Pada Acara Talkshow Motivasi Pendidikan

Penerapan AI dalam sistem pelayanan kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kinerja sektor kesehatan dengan mengutamakan pengobatan preventif dan memungkinkan penemuan zat obat baru.

“Dengan kemajuan teknologi, AI dapat membantu petugas kesehatan untuk mendiagnosis dan memprediksi kemungkinan yang akan dihadapi di dunia medis,” ungkap Suripto.

Kegiatan ini menghadirkan para pembicara utama dari Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI FK UI), yaitu Aisyah Fitriannisa Prawiningrum, Fadilah, Aryo Tedjo, dan Linda Erlina.

Melalui pemaparan para narasumber, diharapkan para peneliti Unila dapat membangun pemahaman dan kemampuan untuk menghasilkan penelitian yang dapat diimplementasikan dalam sistem kecerdasan buatan.

Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang terintegrasi secara intelijen buatan dalam program pencegahan, pengobatan, dan perawatan pasien.

Baca Juga:  Rektor Universitas Lampung Sosialisasikan Keringanan UKT dan Dorong Prodi di FISIP Ajukan Jurnal Terindeks Scopus

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Anna Gustina Zainal, Dekan Fakultas Pertanian dan Dekan FK, Ketua LPPM, Ketua Senat FK, tamu undangan dari ADB, PMU, Bappenas, serta tim PIU HETI Project Unila. (Ayu)

  • Bagikan