Potensinews.id, BANDARLAMPUNG –Bank Indonesia Provinsi Lampung bersama PT ASDP Indonesia Ferry membuka layanan penukaran uang di Dermaga Kapal Reguler dan Kapal KMP Legundi Bakauheni-Merak
Kegiatan bertema SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) 2023 tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 & 5 April 2023.
Selain program penukaran uang Rupiah pecahan kecil kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dengan moda laut, BI juga melakukan sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)
Kegiatan ini merupakan rangkaian SERAMBI yang telah dimulai pada tanggal 20 Maret 2023, bekerjasama dengan 36 Perbankan yang tersebar di 180 titik penukaran di Provinsi Lampung.
Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Budiyono, mengatakan, program tersebut menjalankan fungsi dan peran BI dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai
“Kegiatan ini SERAMBI di KMP Legundi ini selain bekerjasama dengan ASDP juga bekerjasama dengan 5 perbankan yaitu : BRI, BNI, Mandiri, BSI, dan BPD Lampung,” katanya
Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry yang diwakili oleh Manajer Usaha Windra Soelistiawan menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan terhadap program SERAMBI yang diselenggarakan
“Kami mendukung prorgram SERAMBI Ramadhan, untuk memfasilitasi penukaran uang Rupiah pecahan kecil kepada masyarakat terutama yang melakukan perjalanan menggunakan moda laut,” ujarnya
Kemudian, sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan QRIS merupakan edukasi dan komunikasi “Belanja Bijak” yang selaras dengan aspek Paham Rupiah melalui perilaku belanja bijak
Hal itu sesuai kebutuhan yang bermoto mari #BeriMakna mengenal lebih jauh peran Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas Rupiah, dalam Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri 1444 Hijriah
Selain itu, untuk mendorong dan mendukung inovasi digitalisasi yang terkait dengan pelaksanaan tugas Bank Indonesia dalam penyelenggaraan Sistem Pembayaran
Salah satunya perluasan penggunaan teknologi QRIS sebagai kanal pembayaran, maka Bank Indonesia tidak henti-hentinya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai QRIS dan manfaat dalam penggunaannya.
Kegiatan layanan dan sosialisasi tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup
Kemudian, sekaligus menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran yang sah di Indonesia yakni Rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai QRIS. (rls)