Mahasiswa Unila Gratis Pulang Kampung

  • Bagikan
Mahasiswa Unila Gratis Pulang Kampung
Program Mulang Tiyuh gratis yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Komunitas Jejama dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. Foto: Dok Unila

Potensinews.id – Mahasiswa Unila gratis pulang kampung.

Sebanyak 45 mahasiswa dari berbagai kampus di Lampung mendapat kesempatan untuk merayakan Lebaran di kampung halaman mereka tanpa biaya.

Hal itu berkat program “Mulang Tiyuh” gratis yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Komunitas Jejama dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Program ini pun diapresiasi oleh Rektor Unila, Prof Lusmeilia Afriani, yang menyambut baik kerjasama antara DPM Unila dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. 

Rektor berharap program ini dapat menjadi contoh yang diikuti oleh daerah-daerah lain dalam mendukung mobilitas mahasiswa pulang ke kampung halaman saat libur Lebaran.

Menurut Ketua Umum DPM U KBM Unila, Rafly Albin Farid, kegiatan ini melibatkan 45 mahasiswa dari Unila, Polinela, Itera, dan UIN Raden Intan Lampung. 

Baca Juga:  Rektor Unila Lantik Dekan FMIPA dan Wakil Dekan FP

Mereka diberikan fasilitas tiga angkutan bus dengan rute melalui Bandarlampung-Bandar Jaya-Kotabumi-Bukit Kemuning-Liwa. 

“Tujuan dari program ini adalah memberikan kemudahan kepada mahasiswa perantauan untuk berkumpul dengan keluarga tanpa beban biaya transportasi,” ungkapnya, Senin, 8 April 2024. 

Gery Melda, Wakil Ketua 1 DPM U KBM Unila, menjelaskan bahwa program “Mulang Tiyuh” gratis bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang terhalang biaya untuk mudik ke Lampung Barat selama kuota masih tersedia. 

Selain mahasiswa Unila, mahasiswa dari kampus luar Unila yang berminat juga diizinkan bergabung dalam program ini.

Annisa Faras Nabilah, sebagai panitia pelaksana “Mulang Tiyuh”, mengatakan bahwa program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari luar Unila untuk bergabung. 

Baca Juga:  Mahasiswa KKN Unila, Galakkan Program STBM, Sebagai Upaya Jamban Sehat Desa ODF Di Pekon Sanggi

“Beberapa mahasiswa dari luar Unila telah mengonfirmasi partisipasinya karena program ini memudahkan mereka untuk pulang ke kampung halaman,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Lampung Barat, Reza Mahendra, menjelaskan bahwa program ini merupakan dukungan dari Pj Bupati Kabupaten Lampung Barat, Nukman, untuk memudahkan perjalanan pulang ke kampung halaman bagi mahasiswa. 

“Kami berharap program ini memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan bermakna bagi mahasiswa, serta memperkuat ikatan emosional mereka dengan daerah asal,” ujarnya.

Mahasiswa Unila Gratis Pulang Kampung

Program “Mulang Tiyuh” gratis untuk mahasiswa ini menjadi contoh nyata kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan komunitas untuk mendukung mobilitas sosial, terutama saat momen spesial seperti Lebaran. 

Baca Juga:  LPPM Gelar Workshop Peran Inkubator Bisnis dan Teknologi untuk Kolaborasi Inovasi

Semoga inisiatif semacam ini dapat terus berkembang dan diikuti oleh daerah-daerah lain di Indonesia.

  • Bagikan