Kelas Klasifikasi Jadi Upaya Unila dalam Manajemen Arsip

  • Bagikan
Kelas Klasifikasi Jadi Upaya Unila dalam Manajemen Arsip
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kearsipan Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Pedoman Klasifikasi dan Jadwal Retensi Arsip (JRA). Foto: Dok Unila

Potensinews.id – Kelas klasifikasi jadi upaya Unila dalam manajemen arsip.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kearsipan Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Pedoman Klasifikasi dan Jadwal Retensi Arsip (JRA) pada Kamis, 16 Mei 2024.

Acara ini berlangsung di Hotel Emersia, Bandarlampung, dengan tujuan memperkuat sistem pengelolaan arsip di lingkungan Unila.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr Habibullah Jimad, yang didampingi oleh Kepala UPT Kearsipan Unila, Dr Heru Wahyudi.

Dalam sambutannya, Dr Habibullah menegaskan bahwa pengembangan pedoman klasifikasi dan JRA arsip merupakan fondasi utama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip.

Serta melindungi informasi sensitif dan penting bagi Unila.

Baca Juga:  Semnas EEA 2023 Dorong Kemajuan Berkelanjutan Melalui Inovasi dan Teknologi

“Pedoman ini akan membantu kita mengelompokkan dokumen secara sistematis dan mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi.

“Sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan,” ujar Habibullah.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya memiliki pedoman klasifikasi yang jelas untuk memudahkan pengguna mengakses dan mengelola informasi.

Sehingga dapat meminimalkan risiko kesalahan atau kehilangan data.

JRA Arsip, menurutnya, membantu pengguna mengidentifikasi dan mengelola risiko serta mengambil langkah pencegahan yang diperlukan.

Dr Habibullah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan ini.

Apresiasi khusus diberikan kepada narasumber, Yeni Rosmini, selaku Arsiparis Ahli Madya dari UIN Raden Intan Bandarlampung, serta kepada seluruh peserta yang hadir dari berbagai fakultas dan unit di Unila.

Baca Juga:  Dekan FKIP Unila Prof Sunyono Prioritaskan Sarana dan Prasarana bagi Mahasiswa

“Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat besar bagi pengembangan sistem pengelolaan arsip di Unila dan dapat rutin diselenggarakan di masa mendatang.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya acara ini,” tutup Habibullah.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Yeni Rosmini mengenai JRA Unila, serta kajian dan pemeriksaan terhadap JRA yang ada di Unila.

Peserta mendapatkan penjelasan mendalam tentang pedoman klasifikasi dan JRA arsip, dan sesi tanya jawab memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman.

Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengelolaan arsip dinamis dan statis di lingkungan perguruan tinggi.

Hingga memperkuat sistem pengelolaan arsip Unila agar semakin profesional dan terorganisir dengan baik. (Ayu)

Baca Juga:  Pedagang di Pasar Smep Keluhkan Saluran Air Mampet
  • Bagikan