JMSI Lampung Dorong Unila Jadi Tim Penguji UKW

  • Bagikan
JMSI Lampung Dorong Unila Jadi Tim Penguji UKW
JMSI Lampung menyatakan dukungan penuhnya terhadap Tri Dharma Unila. Foto: Istimewa

Potensinews.id – JMSI Lampung dorong Unila jadi tim penguji UKW.

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Lampung menyatakan dukungan penuhnya terhadap Tri Dharma Universitas Lampung (Unila).

Dukungan ini disampaikan dalam audiensi JMSI Lampung dengan Rektor Unila, Prof. Lusmeilia Afriani, pada Selasa, 9 Juli 2024.

Tri Dharma perguruan tinggi, yang terdiri dari tiga pilar pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, dinilai JMSI Lampung sebagai pondasi penting dalam membangun bangsa.

Ketua JMSI Lampung, Ahmad Novriwan, menyampaikan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dengan Unila untuk menciptakan iklim pemberitaan yang kondusif.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Novriwan juga mengusulkan agar Unila dapat menjadi penguji uji kompetensi wartawan (UKW) dengan bekerjasama dengan Dewan Pers.

Baca Juga:  FKIP Unila Dorong Nasionalisme Lewat Diklat Kepramukaan

Alasannya, saat ini lembaga penguji UKW wartawan berasal dari luar pulau Sumatera, dan Unila diharapkan dapat meninggalkan kesan positif bagi dunia pers.

“JMSI mendorong tim penguji UKW dari Unila. Karena selama ini ada di Jawa, ini wacana yang bagus, FISIP atau fakultas hukum bisa menjadi legacy rektor, nantinya bekerjasama dengan dewan pers. Contoh nantinya Unila bisa menjadi penguji UKW di Sumatera, Aceh dan lainnya, sederhana tapi meninggalkan hal baik bagi dunia pers,” kata Novriwan.

Menanggapi usulan tersebut, Rektor Unila, Prof Lusmeilia Afriani, menyambut baik tawaran JMSI Lampung.

Ia menyatakan kesiapan Unila untuk mendukung program UKW dan berkolaborasi dengan Dewan Pers.

Baca Juga:  Pererat Silaturahmi, Unila Lakukan Kunjungan ke Korem/043 Gatam Lampung

“Ini bagus sekali, luar biasa, saya ucapkan terimakasih. Kami siap suport. Nanti bisa dibicarakan dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M). Kita ada FISIP pasti arahnya ke media, komunikasi bukan cuma dua arah, namun dengan banyak bantu, bagaimana cara agar tertarik dan mudah dipahami masyarakat,” ucap Prof Lusmeilia.

Audiensi JMSI Lampung dan Rektor Unila diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun sinergi yang kuat antara media dan perguruan tinggi.

Sinergi ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan informasi yang berkualitas dan membangun bangsa yang maju.

  • Bagikan