Potensinews.id – Digitalisasi layanan SIKUCING tingkatkan pelayanan kesehatan hewan di Lampung.
Upaya peningkatan pelayanan publik terus dilakukan oleh pemerintah daerah, salah satunya di bidang kesehatan hewan.
UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Laboratorium Pakan Provinsi Lampung (UPTD BPK2LP) kini telah berhasil mengimplementasikan digitalisasi pada layanan Sistem Kunjungan Keliling (SIKUCING).
Kepala UPTD BPK2LP, Christin Septriansyah, menjelaskan bahwa digitalisasi layanan SIKUCING ini merupakan bagian dari aksi perubahan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan pendapatan daerah.
“Dengan digitalisasi ini, masyarakat kini dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan hewan secara online,” ujarnya, Rabu, 2 Oktober 2024.
Masyarakat kini dapat mendaftarkan hewan peliharaannya untuk mendapatkan layanan kesehatan hewan melalui beberapa cara, yaitu:
WhatsApp: Masyarakat dapat mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor admin UPTD BPK2LP.
Google Form: Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui formulir Google yang telah disediakan.
Aplikasi SIKUCING-UPTD: Bagi yang lebih praktis, masyarakat dapat mengunduh aplikasi SIKUCING-UPTD melalui Play Store.
Digitalisasi layanan SIKUCING telah memberikan dampak positif yang signifikan, antara lain, peningkatan jumlah layanan
Berdasarkan laporan kegiatan tahun 2023, UPTD BPK2LP telah melayani pengobatan dan vaksinasi terhadap 14.005 ekor hewan, dengan 456 ekor di antaranya melalui layanan SIKUCING.
Lalu, pengakuan nasional, yang mana inovasi layanan SIKUCING ini telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pertanian dengan diraihnya Penghargaan Abdi Bhakti Tani.
Hingga peningkatan pendapatan daerah, yang diharapkan dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses layanan, jumlah pelanggan akan meningkat dan berdampak pada peningkatan pendapatan daerah.
Meskipun telah memberikan banyak manfaat, digitalisasi layanan SIKUCING juga menghadapi beberapa tantangan, seperti penurunan minat pelanggan pada awal implementasi karena masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan layanan online.
Untuk mengatasi hal ini, UPTD BPK2LP terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat.