Unila

Unila Jajaki Kualitas Prodi S-2 Pendidikan IPS, LAMDIK Lakukan Asesmen Lapangan

×

Unila Jajaki Kualitas Prodi S-2 Pendidikan IPS, LAMDIK Lakukan Asesmen Lapangan

Sebarkan artikel ini
Unila Jajaki Kualitas Prodi S-2 Pendidikan IPS, LAMDIK Lakukan Asesmen Lapangan
Pelaksanaan asesmen lapangan oleh LAMDIK terhadap Prodi Magister (S-2) Pendidikan IPS FKIP pada Jumat, 7 Februari 2025. | Unila

Potensinews.id – Unila jajaki kualitas Prodi S-2 Pendidikan IPS, LAMDIK lakukan asesmen lapangan.

Universitas Lampung (Unila) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Salah satu bentuk nyata dari upaya tersebut adalah pelaksanaan asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) terhadap Program Studi (Prodi) Magister (S-2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Jumat, 7 Februari 2025.

Asesmen lapangan ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa Prodi S-2 Pendidikan IPS Unila telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh LAMDIK.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Prof. Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T.

Baca Juga:  Unila dan UTP Tingkatkan Kerja Sama Akademik dan Riset Internasional

“Asesmen ini merupakan momentum penting bagi kita untuk meningkatkan kualitas akademik dan akreditasi prodi,” ujar Suripto.

Dalam asesmen ini, tim asesor dari LAMDIK, yaitu Prof. Dr. Siti Nurbayani K., M.Si., dan Dr. Risky Setiawan, S.Pd., M.Pd., melakukan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek, mulai dari kurikulum, kompetensi lulusan, kualifikasi dosen, hingga fasilitas pendukung pembelajaran.

Prof. Siti Nurbayani menjelaskan bahwa asesmen ini bertujuan untuk memastikan Prodi S-2 Pendidikan IPS Unila telah memenuhi standar yang ditetapkan LAMDIK.

“Kami ingin memastikan bahwa lulusan prodi ini memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Risky Setiawan menekankan pentingnya sinergi antara dosen, mahasiswa, dan institusi dalam menciptakan lingkungan akademik yang kondusif.

Baca Juga:  Mahasiswa Penjas Unila Raih Juara 1 Kurash di Kualifikasi PON Aceh-Sumut XXI

“Selain itu, kami juga mengevaluasi strategi pengembangan prodi dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital,” tambahnya.

Dengan dilakukannya asesmen lapangan ini, diharapkan Prodi S-2 Pendidikan IPS Unila dapat memperoleh hasil akreditasi yang baik dan terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal ini akan berdampak positif bagi lulusan, karena mereka akan memiliki bekal yang lebih baik untuk bersaing di dunia kerja.