Ucapan Papan Bunga APEKSI Inisiatif Sekolah

  • Bagikan

Spanduk ucapan selamat HUT ke-22 APEKSI terpasang di pinggir salah satu jalan protokol di Kota Bandar Lampung, beberapa waktu lalu. Memeriahkan APEKSI, warga Bandar Lampung berpartisipasi mengirimkan ucapan selamat melalui papan bunga maupun spanduk yang diletakkan di sudut-sudut Kota Bandar Lampung. DOK


Bandar Lampung (Potensinews.id) – Hari ulang tahun (HUT) ke-22 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang digelar di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada 27-29 Mei 2022, diapresiasi wali kota se-Indonesia.

Para wali kota yang hadir pada pergelaran APEKSI tersebut merasa tersanjung. Sebab, masyarakat dan aparatur Pemerintah Kota Bandar Lampung benar-benar memberikan pelayanan maksimal terhadap seluruh tamu undangan APEKSI.

Tidak hanya itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI sekaligus Wali Kota Bogor, Bima Arya, bangga dengan seluruh masyarakat Kota Bandar Lampung yang juga memberikan ucapan HUT ke-22 APEKSI, melalui karangan bunga dan spanduk yang dipasang di sudut-sudut kota.

Namun, keberhasilan pergelaran APEKSI ini, ada segelintir oknum orang yang tidak puas atas kesuksesan APEKSI. Bahkan, oknum orang tersebut mencoba memprovokasi masyarakat dengan mengadukan kepada salah satu media online.

Baca Juga:  Guru BK Sekolah Dijadikan Tim Gugus Tugas Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Dalam pemberitaan media online baru-baru ini dengan nara sumber yang tidak disebutkan namanya itu, menyebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung “memaksa” sekolah memberikan sumbangan Rp250 ribu per sekolah, ditambah papan bunga ucapan.

Wakil Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kota Bandar Lampung, Joko Purwanto, membantah adanya tudingan perberitaan tersebut. Isu tersebut sengaja dilontarkan oleh oknum orang tidak bertanggungjawab yang tidak suka dengan pergelaran APEKSI.

“Tidak ada itu yang mengatakan bahwa Disdikbud Bandar Lampung meminta sumbangan dan papan bunga untuk APEKSI kemarin. Informasi tersebut seribu persen bohong,” ujar Kepala SDN 2 Rawa Laut, Kecamatan Enggal, Sabtu (4/6/2022).

Kalaupun ada ucapan papan bunga maupun spanduk bertuliskan selamat HUT ke-22 APEKSI yang terpampang di sekolah maupun di sekitar lokasi pergelaran APEKSI, itu katanya merupakan inisiatif dari masing-masing sekolah.

Baca Juga:  PGRI Kota Bandar Lampung Rayakan HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022 di GSG Karya Bakti Pramuka

“Seperti saya dan sejumlah teman kepala sekolah lain yang memberikan ucapan, itu sebagai bentuk menghormati tamu yang datang ke Kota Bandar Lampung. Kalau ada sekolah yang mengeluarkan uang, mungkin sebagai sewa papan bunga dan mencetak spanduk,” katanya.

“Saya berkeyakinan besar kalau teman-teman sekolah yang mengucapkan APEKSI, merupakan suatu bentuk kebanggaan dan penghormatan, apalagi yang datang adalah wali kota se-Indonesia. Itu yang perlu kita garis bawahi,” sambung dia.

Ia mengatakan, pemasangan ucapan APEKSI itu pun tidak dilakukan semua sekolah. Sebab, hal itu tidak ada paksaan dari siapapun. “Saat membaca berita tentang itu, saya senyum saja. Ternyata ada orang yang tidak bangga didatangi tamu istimewa,” katanya seraya tertawa kecil.

Dalam memeriahkan HUT APEKSI, tidak hanya dari kalangan sekolah yang mengucapkan. Namun juga sebagian masyarakat umum pun mengucapkan hal serupa. Itu menandakan bahwa masyarakat peduli dan bangga dengan hadirnya APEKSI di Kota Bandar Lampung.

Baca Juga:  Bandarlampung Raih 10 Besar Kota Terinovatif 2023

“Kita lihat bersama kemarin, di sepanjang jalan terutama di jalan-jalan protokol masyarakat dengan sukarela memasang ucapan HUT APEKSI. Kalau bukan kita sebagai masyarakat yang mengucapkan, lantas harus siapa lagi?,” tanyanya.

Ia yakin masyarakat Kota Bandar Lampung telah memaknai secara positif atas pergelaran APEKSI. Sebab, APEKSI ini terangnya telah menggairahkan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Tapis Berseri.

“Bayangkan, perputaran uang di APEKSI kemarin mencapai miliaran rupiah. Belum lagi hasil penjualan dari UMKM kita meningkat. Seharusnya, sebagai masyarakat Bandar Lampung kita bangga adanya APEKSI, bukan justru ingin menjatuhkan,” tegasnya.

“Saya yakin yang berbicara di media online katanya dipaksa memasang ucapan APEKSI, itu segera tersadarkan. Itu hanya oknum orang-orang tertentu. Kalau dari pihak sekolah baik SD maupun SMP, seribu persen saya yakin tidak mungkin menyatakan hal itu,” sambung dia. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *