Pakar Ekonomi Titip Pesan Ke PKS Agar Terus Membela Kepentingan Publik

  • Bagikan

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Dalam paparannya pada Diskusi Panel yang diselenggarakan Fraksi PKS DPRD Lampung bersama Dewan Pakar PKS Lampung tentang RAPBD Provinsi Lampung, Jum’at (4/11/2022) di Aula GSG PKS Lampung Lantai2, pakar ekonomi dari Universitas Lampung, Marselina Djayasinga menitipkan pesan agar PKS tak lelah membela kepentingan publik.

Menurutnya hal ini penting sebab PKS bekerja di ranah publik, bersentuhan dengan publik. “Oleh karena itu, kehadiran saya di diskusi yang diselenggarakan PKS ini diantara kegiatan hari ini yang lain, saya anggap prioritas. Karena bertemu dengan pengambil kebijakan dan juga bersentuhan dengan grassroot”.

Disamping itu, dalam paparannya, Ketua Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Unila ini menyatakan bahwa untuk menuntaskan berbagai persoalan ekonomi melalui kebijakan-kebijakan di ruang public, menggunakan pendekatan microfoundation policy, yakni kebijakan makro (ekonomi) dengan merunut hingga kedalaman problematika sehingga solusinya tepat. 

Baca Juga:  Almuzzammil Yusuf Salurkan Bingkisan Idul Fitri di Pesawaran

“Mbok ya, kalau nanti buat kebijakan perlu menggunakan pendekatan microfoundation policy, jadi kebijakan makro betul-betul dilihat dari dalemnya, sehingga solusinya tepat,” papar Marselina.

Dia mengilustrasikan jika di Lampung misalnya terdapat 4,69 persen tingkat pengangguran. “Tingkat pengangguran ada Kabupaten apa, penyebabnya apa, sektor apa, industri mana yang menyebabkan pengangguran tertinggi, kedua, ketiga dan seterusnya,” kata penulis buku Membedah APBD.

“Mungkin saja soal ketersediaan pupuk, akses lahan, dan bisa macam-macam,” kata Marselina lagi.

Selain menghadirkan Marsellina, Diskusi yang bertema Desain APBD yang Efektif Untuk Kesejahteraan Rakyat ini juga menghadirkan Hantoni Hasan, Ketua Dewan Pakar PKS Lampung dan Saring Suhendro, kolega Marselina di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Baca Juga:  Gelar Acara Syukuran Puteri Pertama, Korbid Media DPD KNPI Lampung Jamal, Undang Sejumlah Tokoh

Sementara, Sekretaris Fraksi PKS, Vittorio Dwison menyatakan, jika pesan yang disampaikan pakar Ekonomi dari Unila tersebut merupakan bentuk kasih sayang Ibu Marselina kepada keluarga besar PKS, khususnya Fraksi PKS DPRD Lampung, agar terus berkiprah di parlemen, untuk terus membela dan memperjuangkan kepentingan publik. 

“Harapan beliau, pesan tersirat agar eksistensi PKS di parlemen terus terjaga,” ungkap Anggota Komisi I DPRD Lampung. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *