Pemilihan Duta Anak Kota Bandar Lampung Diikuti Oleh 40 Finalis

  • Bagikan
40 finalis pemilihan duta anak tingkat Kota Bandar Lampung, saat mengabadikan momen bersama Wali Kota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana, di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung, pada Sabtu, 12 November 2022. ISTIMEWA

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Wali Kota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana, secara resmi membuka pemilihan Duta Anak tingkat Kota Bandar Lampung, di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung, pada Sabtu, 12 November 2022.

Pemilihan duta anak yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Bandar Lampung, ini diikuti 40 finalis yang berasal dari SMP negeri dan swasta di Bandar Lampung.

Wali Kota Eva Dwiana mengatakan, pemilihan duta anak ini dapat melahirkan kader-kader bangsa sebagai tunas muda yang mampu berpartisipasi melalui lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sebagai saluran aspirasi bagi anak

Momentum pemilihan duta anak ini merupakan wadah membangun dan menumbuh kembangkan keterampilan, wawasan, kecerdasan anak menuju insan Indonesia berkepribadian luhur, beriman, dan bertakwa kepada Allah Swt.

Baca Juga:  Presiden Jokowi dan Menko Airlangga Saksi Nikah Putra Gubernur Lampung Arinal

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Kota Bandar Lampung saat ini menyandang status sebagai kota layak anak. Melalui pemilihan duta anak ini bagian dari memenuhi dan mewujudkan hak-hak anak,” ujar Wali Kota Eva Dwiana.

Menurutnya, banyak hal positif diperoleh pada kegiatan tersebut. Diantaranya, anak mampu mengekspresikan pandangan dan pendapat, melatih anak berani tampil membela haknya, serta melatih anak peduli dengan lingkungan.

“Selain hal-hal tersebut, yang terpenting dari pemilihan duta anak tingkat Kota Bandar Lampung yakni mampu mencegah terjadinya tindak kekerasan pada anak khususnya di lingkungan sekolah maupun keluarga,” ujarnya.

Sementara Ketua Pelaksanan Pemilihan Duta Anak, Ruth Dora Nababan, S.E., M.M, mengatakan tujuan pemilihan duta anak yakni meningkatkan kemampuan peserta untuk dapat memahami tentang peran duta anak sebagai pelopor dan pelopor.

Baca Juga:  PTBA Enggan Jawab Dugaan Polusi Debu Batu Bara ke Pemukiman Warga

Selain itu, katanya yang juga sebagai Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan perlindungan Anak Dinas PPPA, duta anak juga dapat memromosikan keunggulan Bandar Lampung dan memahami kebijakan tentang Peraturan Perlindungan Anak.

“Diharapkan melalui program duta anak ini, anak-anak akan terlindungi, sehingga Bandar Lampung semakin maju,” ujar dia yang kesempatan itu mewakili Plt Kepala Dinas PPPA Kota Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd.

Ia mengatakan, kegiatan pemilihan duta anak merupakan yang pertama kali digelar Dinas PPA dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, ini dapat meningkatkan kreativitas anak.

“Pemilihan duta anak ini yang akan digelar selama dua hari hingga 13 November 2022, ini tidak ada intervensi dari manapun karena kami mengundang tim juri dari luar Dinas PPPA, seperti pemerhati anak perempuan dan lainnya,” tutur dia.

Baca Juga:  Hari Pertama PTM, Disdikbud Lampung Sidak Sejumlah Sekolah di Bandar Lampung

Diketahui, hadir pada pembukaan pemilihan duta anak, diantaranya Dandim 0410/KBL Letkol Tri Arto Subagio, Wakil Ketua DPRD Bandar Lampung Aep Saripudin, Kasat Binmas Polresta Bandar Lampung AKP Kurmen.

Kemudian Plt Kepala Dinas PPPA yang juga Kepala Disdikbud Bandar Lampung Hj. Eka Afriana, pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung, serta Kepala SD dan SMP se-Kota Bandar Lampung. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *