Gubernur Arinal Djunaidi Dilantik Sebagai Ketua Umum KONI Provinsi Lampung Masa Bakti 2023-2027

  • Bagikan
Istimewa

Potensinews.id, BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dilantik sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Masa Bakti 2023-2027, di Mahan Agung, Rabu (24/05/2023).

Pada kesempatan tersebut Gubernur Arinal Djunaidi beserta seluruh Pengurus KONI Provinsi Lampung Masa Bakti 2023 – 2027 dilantik secara langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman.

Dalam sambutannya Ketua KONI Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, untuk memimpin kepengurusan KONI Provinsi Lampung masa bhakti 2023-2027, juga terimakasih kepada Pengurus Daerah dan Ketua KONI Kabupaten / Kota yang telah memberikan kepercayaan dan amanahnya.

“Semoga kami dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik membawa kejayaan olahraga di Provinsi Lampung,” ucap Arinal.

Menurut Arinal, KONI Lampung harus mampu meningkatkan kualitas pembinaan olahraga. Menurutnya hasil dari pembinaan olahraga yang baik, tentu akan menghasilkan atlet-atlet yang hebat dan berprestasi. Arinal juga meminta agar semua pihak harus kompak dan solid, dengan sesama cabang olahraga maupun antar pengurus, juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, serta Kabupaten/Kota, agar tercipta olahraga yang kondusif, aktif dan berprestasi.

“Kita juga harus meningkatkan sarana dan fasilitasi berlatih, pembinaan yang berkelanjutan, sehingga para Atlet-Atlet tidak gampang di “pengaruhi” untuk pindah ke daerah lain,” tegas Arinal

“Saya juga minta kepada pengurus KONI dapat berinovasi dan menghasilkan ide – ide kreatif serta inovatif dalam membuat program pembinaan, pelatihan secara berjenjang dan berkelanjutan, mulai dari usia dini hingga profesional, sehingga mampu menghasilkan atlet yang berprestasi, sebagaimana target dan harapan kita bersama,” lanjutnya.

Baca Juga:  Lampung Begawi 2023 Resmi Ditutup, Gubernur Dorong UMKM Tingkatkan Daya Saing Melalui Digitalisasi

Menurut Gubernur, Sebagai langkah awal dan wujud nyata pembinaan, Pemerintah Provinsi Lampung saat ini juga tengah mempersiapkan Pembangunan Kawasan Olahraga Terpadu (sport center) beserta fasilitas pendukungnya. Kawasan ini dekat dengan akses Gerbang Tol Kotabaru dan dalam waktu dekat akan dimulai proses pembangunannya.

“Sport Center ke depan akan menjadi pusat pembinaan bagi atlet dan peningkatan Prestasi Olahraga di Provinsi Lampung, serta mendukung penyelenggaraan event-event olahraga berskala nasional dan internasional. Pembangunan Kawasan ini juga telah mendapat dukungan dari Bapak Presiden RI dan ditinjau oleh Menteri Pemuda dan Olahraga,” tutur Gubernur.

Sementara itu Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman mengatakan bahwa dirinya menyambut baik rencana Gubernur yang akan membangun Sport Center, menurutnya pembangunan tersebut merupakan hal yang positif, karena tanpa sarana prasarana, sangat sulit olah raga untuk dapat berprestasi

“Saya sangat berharap Koni lampung dapat manata kembali hal-hal yang selama ini berjalan kurang baik, dan dapat melayani atlet-atletnya untuk lebih berprestasi dan menjadi kebanggaan Indonesia,” ucapnya

“Saya juga mengucapkan selamat kepada Bapak Gubernur Arinal yang tekah dilantik sebagai Ketua Koni Lampung, dan terimakasih kepada kepengurusan sebelumnya atas prestasi dan kinerjanya selama ini, kemudian dilantiknya Pak Gubernur sebagai ketua Koni, saya memiliki keyakinan bahwa olahraga di Provinsi Lamoung dapat lebih berprestasi lagi,” ucap Marciano Norman

Baca Juga:  Gubernur Arinal Djunaidi Dampingi Menteri BUMN Tinjau Wahana Wisata Krakatau Park

Marciano Norman juga mengatakan bahwa Lampung sangat dikenal atlet-atlet angkat berat/besi sudah sangat berprestasi, kemudian juga atlet bela diri sudah mulai muncul, bahkan pada PON Papua Provinsi Lampung menduduki posisi 10 Besar.

“Saya melihat langsung di papua atlet baseball Lampung prestasinya sangat bagus dan ditakuti oleh Provinsi lain, jadi saya mohon perhatian pak Gubernur agar atlet binaan kabupaten/kota dan Provinsi Lampung tidak pindah ke Provinsi lain, sehingga atlet-atlet yang dikirim oleh Lampung juga adalah putra daerah, bukan mutasi dari daerah lain, sehingga menjadi kebanggan tersendiri,” ungkap Ketua KONI Pusat.

Adapun Menpora RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dr. Samsudin, M.Pd. menyatakan apresiasi khusus kepada atlet-atlet Lampung yang berprestasi pada ajang Sea Games 2023.

Pada kesempatan tersebut, Samsudin juga mngingatkan kembali, bahwa sesuai dengan undang-undang keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022, bahwa tanggung jawab pembinaan olahraga nasional bukan hanya tanggungjawab Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, tapi merupakan tanggungjawab bersama, termasuk didalamnya KONI dan berbagai organisasi keolahragaan.

“Prestasi keolahragaan juga memiliki Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yaitu petunjuk teknis bagaimana meningkatkan prestasi olahraga Nasional yang harus diturunkan dan diterjemahkan dalam desain olahraga ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota,” ucapnya

Baca Juga:  Pemprov Lampung Gelar Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Tingkat Provinsi

Menurut Samsudin DBON saat ini bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Perguruan Tinggi Negeri, namun sayangnya saat ini Universitas Lampung belum masuk dalam kerjasama tersebut, karena belum memiliki Fakultas olahraga.

“Jadi hal ini perlu kita dorong pak Gub, mudah-mudahan setelah dilantik, Koni Lampung Prestasi olahraganya semakin meningkat, dengan kemampuan managemen Ketua Koni yang juga Gubernur, dapat menggerakan dan meningkatkan prestasi olahraga di Lampung, tidak hanya 10 besar, tapi juga dapat bersaing dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat,” tutupnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian tali asih dari Pemerintah Provinsi Lampung yang diserahkan Oleh Gubernur Arinal Djunaidi kepada atlet Sea Games Lampung yang berprestasi.

Yakni kepada Ari Saputra atas prestasinya meraih medali Emas, Perorangan dan 1 Perak Beregu Cabang Olahraga Karate pada Sea Games 2021, kepadanya diberikan tali asih sebesar Rp.125 jt, kepadanya juga diberikan tali asih sebesar Rp. 62.500.000 atas prestasinya meraih 1 medali perak perorangan, 1 perunggu beregu pada Sea Games 2023.

Kemudian kepada Nur Halim Arlendi, yang berhasil meraih medali perak beregu Cabang Olahraga Karate pada Sea Games 2021, dan kepadanya diberikan tali asih sebesar Rp.25jt.

Berikutnya kepada Muhammad Husni atas prestasinya meraih medali perunggu perorangan Cabang Olahraga Angkat Besi pada Sea Games 2023, dan kepadanya diberikan tali asih sebesar Rp.25jt. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *