Mahasiswa KKN-PLP Desa Kertosari X Sosialisasikan Beasiswa Jalur SNBP Unila

  • Bagikan
(Clickinfo.co.id)

Potensinews.id, LAMPUNGSELATAN – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) periode I tahun 2024 sosialisasikan beasiswa jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Unila di SMK Negeri Tanjungsari, Kabupaten Lampung Selatan pada Kamis, 8 Februari 2024.

Hal ini dilakukan bertepatan menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2024.

Mengingat banyaknya siswa tingkat akhir yang menggali informasi terkait jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mahasiswa terdorong untuk memfasilitasi kebutuhan hal tersebut.

Koordinator PLP, Rof’i Darajat Annisa (Pendidikan Geografi’21) menilai, bahwa sosialisasi beasiswa ini sangat penting diterapkan, terutama untuk mengurangi pengeluaran biaya pendidikan.

“Banyak siswa yang sedang mencari informasi terkait cara pendaftaran dan beasiswa apa saja yang bisa mereka apply di bangku perkuliahan nanti untuk meringankan beban biaya orang tua,” terangnya.

Baca Juga:  FEB Unila Menggelar STABEK ke-7

Adapun beasiswa yang disampaikan diantaranya, Beasiswa Cendekia Baznas, KIP-Kuliah, dan Forkom Bidikmisi.

Selain pembekalan materi yang disampaikan, mahasiswa juga membantu siswa dalam mengikuti alur pendaftaran, termasuk langkah pembuatan akun sampai pemilihan program studi lanjut.

“Di situ kita menjelaskan alur pendafataran dari cara pembuatan akun hingga penempatan prodi,” jelasnya.

Para siswa terlihat sangat jeli menyimak sejumlah informasi yang disampaikan mahasiswa. Salah satunya, Bintang (19) yang sangat yakin dengan pilihannya untuk lanjut menempuh prodi di Unila.

“Di situ kita menjelaskan alur pendafataran dari cara pembuatan akun hingga penempatan prodi,” jelasnya.

Para siswa terlihat sangat jeli menyimak sejumlah informasi yang disampaikan mahasiswa. Salah satunya, Bintang (19) yang sangat yakin dengan pilihannya untuk lanjut menempuh prodi di Unila.

Baca Juga:  Biography of Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M. The First Female Chancellor in the University of Lampung

“Setelah diberi bimbingan dan penjelasan dari ini jadi tidak bingung lagi dalam pengambilan jurusan, tata cara pendaftaran dan pembuatan akun KIP serta lebih paham mengenai dunia perkuliahan,” ujarnya.

Pikirannya mulai terbuka mengenai tahap seleksi masuk jalur SNBP, terutama melalui beasiswa yang tak sesulit yang ia bayangkan sebelumnya.

“Awalnya mungkin saya menganggap semua itu sulit dan ribet, setelah mendapat pemahaman saat sosialisasi ini saya menjadi lebih paham dan yakin kepada diri saya bahwa saya bisa menjalani semuanya sesuai aturan dan tata cara yang berlaku,”

Tak hanya Bintang, Siswa lainnya seperti Nur (19) juga mengungkapkan hal serupa. Ia berharap, dengan sosialisasi ini dapat membantu dirinya masuk PTN lewat beasiswa KIP-Kuliah.

“Harapan saya, ini dapat membantu pendaftaran kartu KIP untuk siswa siswi yang belum memiliki kartu KIP,” harapnya.

Baca Juga:  Antisipasi Dampak El Nino, Mendag Pastikan Bapok di Lampung Stabil

Respon dari dewan guru serta pihak manajemen sekolah sangat antusias. Pihaknya sangat terbantu, serta menjadi motivasi para siswa tingkat akhir untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Adapun mahasiswa KKN- PLP FKIP Unila Periode I tahun 2024 di Desa Kertosari (X), Dusun III Umbul Kumis, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Lampung Selatan diantaranya, Anggra Aditya (Pend. Teknologi Informasi’21), Rof’i Darajat Annisa (Pend. Geografi’21), Sepbrina Larasati (Pend. Bimbingan dan Konseling’21), Refika Rahma Esa (Pendidikan Biologi’21), Ihda Zulfa Ardila (Pend. Kimia’21), Adellia Jesinta (Pend. Ekonomi’21), Trisna Amanah (Pend. Kimia’21), Dyah Permata Kinanti Dwi Ambarwati (Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia’21), Berlianna Asih Yustiana (Pend. Bahasa Lampung’21), dan Pinurih Lukitaningtyas (Pend. Bahasa Inggris). [Rilis]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *