Hari Lahir Pancasila, Eva Dwiana Tekankan Kebersamaan

  • Bagikan
Hari Lahir Pancasila, Eva Dwiana Tekankan Kebersamaan
Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, menggelar upacara di lapangan Pemkot setempat pada Sabtu, 1 Juni 2024. Foto: Dok Pemkot Bandarlampung

Potensinews.id – Hari Lahir Pancasila, Eva Dwiana tekankan kebersamaan.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, menggelar upacara di lapangan Pemkot setempat pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Eva Dwiana menekankan pentingnya Pancasila sebagai semangat pemersatu bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Pancasila adalah pemersatu, di kota Bandarlampung kebersamaan sudah dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan oleh masyarakat dan juga pemerintah walaupun berbeda suku dan agama,” ujar Eva.

Eva juga menyoroti bahwa nilai-nilai Pancasila telah diajarkan sejak dini di sekolah-sekolah dasar hingga menengah atas, dengan tujuan menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong royong di kalangan generasi muda.

“Kita sudah terapkan nilai-nilai Pancasila sejak kecil kepada masyarakat, agar kerukunan dan silahturahmi serta kebersamaan tetap terjaga,” jelasnya.

Baca Juga:  SISTEM BARU PEMILU 2024, BERPOTENSI KISRUH PENGHITUNGAN SUARA

Sebagai kepala daerah, Eva menegaskan komitmennya untuk menjadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini juga yang sudah dilakukan dengan selalu menjaga silahturahmi melalui Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Dandim 0410/Kota Bandarlampung Kolonel ARH Tan Kurniawan juga menyampaikan pandangannya tentang pentingnya melestarikan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.

“Setiap Warga Negara Indonesia harus melestarikan Pancasila, karena dari Pancasila itulah kerukunan seluruh komponen akan bisa merekat, semua tentunya bersumber dari Bhinneka Tunggal Ika walau berbeda-beda tetap satu jua,” ujar Tan Kurniawan.

Menurut Kolonel Tan, Pancasila merupakan ideologi yang digali dari akar budaya bangsa Indonesia dan mengandung nilai-nilai luhur yang harus dijunjung tinggi.

Baca Juga:  Gubernur Lampung, Menghadiri Pesta Bona Taon Parsadaan Toga Siregar, Di Graha Adora

“Falsafah Pancasila ini merupakan suatu pandangan hidup yang telah diyakini bangsa Indonesia sebagai suatu kebenaran, oleh karena itu dijadikan falsafah hidup bangsa,” tutupnya.

Acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Bandarlampung ini berlangsung khidmat dan diharapkan dapat memperkokoh rasa persatuan dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat.

Dengan semangat Pancasila, Eva Dwiana berharap Kota Bandarlampung dapat terus menjadi contoh kerukunan dan gotong royong di Indonesia. (Kwt)

  • Bagikan