Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh Pada 3 April 2022

  • Bagikan

Sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat, 1 April 2022. ISTIMEWA


Jakarta (POTENSINEWS.ID) — Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1443 Hijirah jatuh pada 3 April 2022. Ketetapan itu berdasarkan hasil sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat, 1 April 2022.

“Secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1443 Hijrian jatuh hari Ahad 3 April 2022 Masehi ,” Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers, di Jakarta.

Sidang isbat dipimpin langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Selain itu, sidang isbat juga diharisi Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, ahli astronomi, perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial, dan tim Unifikasi Kemenag.

Baca Juga:  Kemendagri Gelar Rakor Bahas Dasar Hukum Pemungutan Pajak dan Retribusi DOB di Papua Bersama Kementerian, Lembaga dan Gubernur se-Papua

Yaqut menerangkan dari pemaparan hilal oleh tim unifiaksi menyampaikan ketinggian hilal pada posisi 1 drajat 6,78 menit sampe 2 drajat 10,02 menit. Dalam melaksanakan sidang isbat, Kemenag selalu menggunakna dua metode, yaitu hisab atau perhitungan dan rukyat atau melihat langsung hilal

“Dua metode ini bukan dua metode yang dipertentangkan, dua metode ini saling melengkapi karena sama pentingnya,” ujar Yaqut.

Dia menerangkan data dari 101 titik pemantauan di 34 provinsi menyatakan tidak melihat hilal. Berdasarkan hisab posisi hilal sudah di atas ufuk, tapi belum memenuhi kriteria MAMBIMS baru.

“Tentu kita berharap seluruh umat Islam bisa ikut ibadah puasa bersama, mudah-mudahan ini simbol cerminan kesersamaan umat Islam indonesia,” kata Yaqut. (***)

Baca Juga:  Tim Kemendagri Turun ke Kalteng Dorong Pengendalian dan Penanganan Dampak Inflasi serta Percepat Realisasi APBD
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *