Kwaran Merbau Mataram Menggelar Lomba Peringati HUT Pramuka Ke-61

  • Bagikan

Lampung Selatan (Potensinews.id) — Dalam Rangka memperingati HUT Pramuka Ke-61 Tahun, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Merbau Mataram mengadakan berbagai perlombaan untuk menumbuhkan jiwa Kebangsaan dan Nasionalisme yang diikuti oleh jejang SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Merbau Mataram di lingkungan SD Negeri 1 dan 2 Merbau Mataram, Sabtu (13/8/22).

Maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba Pramuka tersebut dalam rangka menumbuhkan jiwa kebangsaan dan nasionalisme, menjaga semangat, rasa kebersamaan, dan menjunjung sportifitas anak-anak peserta didik pasca pandemi covid-19.

Dalam kegiatan ini ada beberapa kategori perlombaan yang diselenggarakan panitia diantaranya lomba Pengucapan Dwi Darma dan Dwi Satya, Pengucapan Pancasila, Pengucapan UUD 1945, Menyayikan Lirik lagu Indonesia Raya, solo song (profil pelajar) pancasila dan mars (jayalah pramuka).

Baca Juga:  Kartu Petani Berjaya Elektronik Segera Diluncurkan di Tulang Bawang Barat

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Merbau Mataram Heri Purnomo, dalam sebutannya Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan setelah vacum akibat pandemi covid-19 dua tahun lebih.

Pelaksanaan lomba Pramuka ini guna untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan jiwa Nasionalisme anak-anak. yang beberapa tahun ini belajar dalam jaringan (daring) karena pandemi covid-19 sehingga terkesan monoton dan membosankan.

“Saya berharap kedepannya nanti jika pandemi covid-19 beralih ke endemi maka dapat melaksanakan perlombaan yang sifat sekalanya lebih besar dengan berbagai macam perlombaan seperti membuat menara, merangkai tali, membuat tandu dll, Selamat Berlomba dan junjung Sportifitas”.tutur Heri.

Heri juga menyampaikan capaian yang telah diraih Kecamatan Merbau Mataram untuk Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) telah mencapai target yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Polda Lampung Melakukan Silaturahmi Dengan Tokoh Adat dan Tokoh Politik di Kabupaten Way Kanan

Rohayati Sari, Selaku Korwil Pendidikan Wilayah IV Kec. Merbau Mataram sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, karena setelah lebih dari 2 tahun masa Pandemi Covid-19, yang mengharuskan mereka melaksanakan proses pembelajaran secara Daring, maka kegiatan-kegitan seperti ini bisa menumbuhkan kembali semangat para siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran tatap muka.

“Saya berharap kegiatan ini selanjutnya bisa dilaksanakan secara terus menerus dan menjadi agenda kegiatan tahunan bagi Kwaran Kecamatan Merbau Mataram” ucap Rohayati.

Ketua Kwaran Kecamatan Merbau Mataram Diki Nugraha, mengatakan kegiatan ini merupakan titik awal supaya anak dapat menanamkan nilai moral Nasionalisme agar nilai UUD 45 dan Pancasila tidak terlupakan.

Diki berharap, untuk kedepan dapat menggelar LT II dengan peserta dari penggalang SMP, kemudian SD bazar siaga, dan SMA Penegak dengan tetap mengikuti juknis yang ada. Karena kalau melaksanakan acara dengan sekala besar harus memperhatikan dan mempertimbangkan juknis terkait covid-19.

Baca Juga:  Jelang Ramdhan harga ikan air tawar di pringsewu alami penurunan

“Alhamdulillah untuk target partisipasi sekolah dalam acara ini tercapai 90%”. Pungkas Diki.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2022

Baca Juga: Persiapan Masuk PTN-BH, Rektor Unila Minta Pemprov Lampung Segera Lepas Hak Tanah Hibah di Kota Baru

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *