SDN 2 Gedong Air Bandar Lampung Bertabur Prestasi

  • Bagikan

Siswa berprestasi SDN 2 Gedong Air, mengabadikan momen bersama kepala sekolah dan dewan guru sekolah setempat. DOK SEKOLAH


Bandar Lampung (Potensinews.id) – Prestasi siswa SDN 2 Gedong Air, Kota Bandar Lampung, khususnya di bidang nonakademik, memang sudah tak diragukan lagi.

Banyak sudah prestasi yang diraih oleh siswa pada sekolah yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Gang Cendrawasih, Gedong Air, Tanjungkarang Barat ini.

Dari sejumlah kegiatan nonakademik atau ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut, hampir semua sudah pernah meraih prestasi saat mengikuti perlombaan.

Seperti ekstrakurikuler marching band, kelas musik piano, cipta dan baca puisi, kriya anyam, kasidah, lomba cepat tepat, dan lomba-lomba lainnya.

Tak hanya menjadi juara di tingkat Kota Bandar Lampung, cabang-cabang ekstrakurikuler sekolah tersebut, juga meraih prestasi di tingkat provinsi hingga nasional.

Diraihnya prestasi tersebut, tentu tak lepas peran dari Kepala SDN 2 Gedong Air, Endang Maria, S.Pd, bersama para dewan guru sekolah setempat.

Menilai prestasi diraih siswa di sana, tak terhitung lagi jumlah piala yang diperoleh. Sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa, piala-piala tersebut di pajang di lingkungan sekolah.

“Alhamdulillah, siswa kami banyak yang meraih prestasi khususnya bidang ekstrakurikuler,” ujar Kepala SDN 2 Gedong Air, Endang Maria, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga:  Pentas Seni Warnai Kemeriahan Pelepasan Siswa Kelas 6 SDN Gedung Agung

Menurut dia, keberhasilan para siswa di bidang tersebut tak luput dari kerja sama semua guru dan tanaga kependidikan sekolah.

Bahkan, membina para siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, sekolah menyiapkan guru khusus untuk mendampingi sekaligus melatih para siswa sesuai minat dan bakatnya.

“Ada sejumlah guru yang memang ditempatkan untuk melatih para siswa ini. Tentunya, kegiatan ini juga sudah didukung oleh para orangtua siswa,” tuturnya.

Seperti ia mencontohkan ekstrakurikuler marching band. Katanya, mengikuti kegiatan tersebut, membutuhkan sejumlah guru untuk melatih para siswa.

“Jadi, memadukan sejumlah alat musik menjadi satu dan menghasilkan suara yang merdu, tentu harus dilatih sejumlah orang. Inilah yang dilakukan guru-guru kami,” katanya.

Menurutnya, melatih para siswa pada kegiatan ekstrakurikuler, dilakukan di luar jam sekolah. Sebab, pada jam sekolah siswa diutamakan mengikuti pembelajaran akademik.

“Ada waktu-waktu tertentu saja siswa mengikuti ekstrakurikuler, dan itu dilakukan setelah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar,” katanya.

Atas prestasi ekstrakurikuler yang diraih sejumlah siswanya tersebut, banyak undangan yang datang ke sekolah, baik dari pemerintah maupun masyarakat umum.

Baca Juga:  Mahasiswa Presentasi Hasil Magang, IIB Darmajaya-PT TDM Kerja Sama Program MBKM

“Seperti marching band, saat memeriahkan HUT ke-340 Kota Bandar Lampung kemarin, siswa kami diminta untuk tampil dihadapan wali kota dan forkopinda,” katanya.

“Kemudian besok (17 Agustus 2022, Red), siswa kami juga akan tampil memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia, di lapangan Saburai, Enggal,” sambungnya.

Meski ektrakurikuler bertabur prestasi, namun katanya, masih banyak hal yang terus ditingkatkan, seperti sarana dan prasaran sebagai pendukung kegiatan.

“Alhamdulillah, ektrakurikuler di sekolah ini sangat didukung oleh para dewan guru. Tanpa mereka, mungkin belum seperti saat ini prestasinya,” tutur dia.

Selain membanggakan sekolah, prestasi yang diraih itu juga membawa kemudahan bagi para siswa saat mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB) ke jenjang SMP.

“Lewat PPDB jalur prestasi, siswa ini dengan mudah diterima di SMP negeri pilihan. Tak hanya itu, ada juga sekolah yang sengaja meminta siswa kami ini,” bangganya. (***)

Prestasi Ektrakurikuler SDN 2 Gedong Air

1. Juara Umum Tingkat Provinsi Lampung Kejuaraan Drumband Klasemen SD/MI 2022;

2. Juara I Solo Colour Guard Tingkat Provinsi Lampung Kejuaraan Drumband Klasemen SD/MI 2022;

3. Juara I Field Commander/ Gitapati Tingkat Provinsi Lampung Kejuaraan Drumband Klasemen SD/MI 2022;

Baca Juga:  SMA Negeri 1 Tanjung Bintang Mengadakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)

4. Juara II Solo Colour Guard Tingkat Provinsi Lampung Kejuaraan Drumband Klasemen SD/MI 2022;

5. Juara II – Percusion Ansamble, Gita Lampung Sai, Tingkat Provinsi Lampung Kejuaraan Drumband Klasemen SD/MI 2022;

6. Juara III Solo Colour Guard, Tingkat Provinsi Lampung Kejuaraan Drumband Klasemen SD/MI 2022;

7. Juara III Field Commander/ Gitapati, Tingkat Provinsi Lampung Kejuaraan Drumband Klasemen SD/MI 2022;

8. Juara I Lomba Cepat Tepat, Tingkat Provinsi Lampung;

9. Juara II Lomba Kriya Anyam, Tingkat Kota Bandar Lampung 2022;

10. Juara II Lomba Kasidah, Tingkat Kota Bandar Lampung;

11. Juara II Baca Puisi Hardiknas, Tingkat Nasional, di Ponpes Alhadigiri Kusuma Demak;

12. Juara II Lomba Baca Puisi Hari Anak Nasional, Tingkat Nasional, PBSI – UNIM Majapahit;

13. Juara I Lomba Baca Puisi HUT RI, Tingkat Nasional, RKI Tanjung Priok;

14. Dan lain-lain.

Marching Band

Pembina: Femi Dwi Jayanti, S.Pd;

Pelatih: Muriyanto, S.H, Alfian Hamsy, S.Pd, Bayu Saputra, dan Muslim, S.Pd.

Pembina keyboard dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya: Maryudi, S.Pd.

Sumber: SDN 2 Gedong Air

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *