Senat ITERA Tetapkan Tiga Calon Rektor Periode 2022 – 2026

  • Bagikan

Tiga Calon Rektor Periode 2022 – 2026. ISTIMEWA


POTENSINEWS.ID – Senat Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menetapkan tiga nama calon Rektor ITERA Periode Tahun 2022 – 2026, yaitu Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D; Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha; dan Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T (urutan nama sesuai abjad), dalam sidang tertutup Senat ITERA, Kamis, 14 April 2022.

Ketiga nama calon Rektor ITERA tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, untuk dikaji sebelum dilaksanakan tahapan pemilihan Rektor ITERA berikutnya yang dijadwalkan pada 12 Mei 2022.

Sebelum menetapkan tiga calon Rektor, Senat ITERA telah melaksanakan proses penjaringan yaitu membuka pendaftaran, dan dilanjutkan dengan seleksi berkas.

Dari proses tersebut, terjaring enam nama yang telah ditetapkan sebagai bakal calon Rektor ITERA yaitu Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha; Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D; Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward; Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, M.T; dan Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, S.T., M.T; pada 31 Maret 2022 lalu. Namun satu bakal calon rektor yakni Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D, mengundurkan diri sebelum mengikuti tahapan penyaringan.

Baca Juga:  Unila, Unmal dan Itera Sepakati Kerjasama dengan University of Cyberjaya Malaysia

Kelima kandidat bakal calon Rektor ITERA yang masih bertahan selanjutnya mengikuti proses penyaringan dengan memaparkan visi, misi, dan program kerja di hadapan anggota senat dan sivitas akademika ITERA, dalam Sidang Terbuka Senat ITERA yang dipimpin oleh Ketua Senat ITERA Prof. Dr. Sukrasno, M.S, di Aula Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA, Kamis, 14 April 2022.

Dalam kesempatan tersebut bakal calon Rektor juga menjawab berbagai pertanyaan dari panelis perwakilan dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholder alumni yang dimoderatori jurnalis senior, Juwendra Asdiansyah. Tahap penyaringan diakhiri dengan penilaian dari seluruh anggota senat dalam sidang tertutup Senat ITERA untuk menentukan calon Rektor ITERA.

Ketua Senat ITERA Prof. Dr. Sukrasno, M.S., menyampaikan rapat pemaparan visi, misi, dan program kerja bakal calon rektor ITERA menjadi salah satu bahan anggota senat untuk memilih calon rektor ITERA untuk empat tahun mendatang. Dari Lima bakal calon Senat selanjutnya memberikan penilaian dan memilih tiga calon rektor untuk diajukan ke Kemdikbudristek dalam sidang tertutup Senat ITERA.

Baca Juga:  Kolaborasi Dosen Prodi Farmasi dan Kimia ITERA Beri Pelatihan Pembuatan dan Pemasaran Produk Herbal Rumput Laut

“Hasil nama tiga calon rektor ITERA selanjutnya akan kami serahkan ke menteri untuk dikaji dan direview oleh kementerian, termasuk oleh PPATK,” ujar Prof. Sukrasno.

Prof. Sukrasno berharap meski tiga nama calon Rektor telah ditetapkan, akan tetapi seluruh bakal calon Rektor diharapkan dapat terus bekerjasama untuk membantu ITERA. Terlebih selama mengikuti tahap penyaringan, para bakal calon Rektor ITERA yang semuanya merupakan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) juga sudah dikenalkan dengan kondisi ITERA. Mereka secara langsung diajak mengunjungi berbagai fasilitas kamus, bertemu dengan para dosen, hingga mengisi kuliah tamu bagi mahasiswa ITERA.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU, berharap Rektor baru ITERA nantinya diharapkan bersedia melanjutkan program pembangunan yang sudah berjalan di ITERA selama ini, bahkan jauh lebih baik lagi. “Sebab selama ini percepatan yang dilakukan ITERA sudah cukup baik, mudah-mudahan Rektor ITERA kedepan siap menghadapi tantangan dan terus membangun dan memajukan ITERA,” tutup Rektor ITERA. (***)

Baca Juga:  Ini Visi Misi dan Program Lima Balon Rektor ITERA
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *