Gebyar SMK Lampung 2022 Ajang Unjuk Keterampilan dan Kreativitas Siswa

  • Bagikan

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengapresiasi kegiatan Gebyar SMK Lampung Tahun 2022 yang diikuti pelajar SMK se-Provinsi Lampung, pada 23-26 Agustus 2022.

Apresiasi tersebut disampaikan Direktur SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd, pada pembukaan Gebyar SMK Lampung 2022, di Novotel Hotel Lampung, Kota Bandar Lampung, Selasa (23/8/2022).

Menurut dia, SMK yang merupakan pendidikan formal menyelenggarakan pendidikan kejuruan sudah sepatutnya dibangun lebih tinggi lagi, demi peningkatan profesionalitas dan kualitas SMK.

“Dengan digelarnya Gebyar SMK Lampung 2022, ini menjadi momentum bagi semua pihak untuk berkolaborasi dan menguatkan, demi peningkatan kualitas SMK khususnya di Provinsi Lampung,” katanya.

Melalui Gebyar SMK Lampung 2022, ia berharap mampu menciptakan pelajar SMK yang terampil, kreatif, inovatif, unggul, dan berdaya saing, guna mempersiapkan lulusan dalam memasuki Industri dan Dunia Kerja (Iduka).

“Tentu mempersiapkan itu semua harus didukung dengan pembelajaran dan sumber daya manusia yang baik, serta juga membangun kemitraan bersama dunia industri dan dunia kerja. Saya yakin SMK di Lampung bisa untuk itu,” katanya.

Baca Juga:  MAN 1 Bandar Lampung Mengikuti Seminar Nasional Perjuangan KH. Ahmad Hanafiah

Baca Juga: Tiga Cabang Perlombaan Peksimiprov Lampung ini Digelar di IIB Darmajaya

Sementara, Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi yang diwakili Sekretaris Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Fahrizal Darminto, M.A, saat membuka Gebyar SMK Lampung 2022 mengatakan, siswa SMK merupakan generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Oleh sebab itu, ia meminta para siswa SMK di Lampung harus memiliki sikap yang baik, produktif, unggul, dan berdaya bersaing, serta bermental baja, terlebih untuk menuju Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

“Pada 2022 ini siswa SMK kita umurnya sekitar 18 tahun, berarti pada tahun 2045 umurnya sekitar 40 tahun. Umur 40 merupakan umur yang produktif dan harus sudah sukses demi mengisi kemerdekaan bangsa,” katanya.

Ia berharap melalui ajang Gebyar SMK Lampung 2022, ini dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi siswa-siswi SMK se-Lampung, guna mendukung pembangunan Lampung Berjaya.

Baca Juga:  Plt. Rektor Universitas Lampung Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed.

Kemudian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M, yang diwakili Sekretaris Tommy Efra Handarta, S.STP., M.Si, dalam laporannya menerangkan bahwa Gebyar SMK Lampung 2022 diisi dengan sejumlah kegiatan.

Secara perinci, katanya, seperti kegiatan Masa Dasar Bimbingan Mental dan Fisik (Madabintal), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Tingkat Provinsi Lampung.

Baca Juga: Gelar Audit Mutu Internal, IIB Darmajaya Siap Menuju Akreditasi Unggul

Kegiatan Gebyar SMK mengusung tema Revitalisasi SMK untuk Mendukung Lampung Berjaya, ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Lampung untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia SMK.

“Tentunya pula melalui Gebyar SMK Lampung 2022, dapat meningkatkan kualitas dan karakter peserta didik semakin lebih baik lagi. Inilah yang menjadi harapan kita bersama,” ujarnya.

Selanjutnya, Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung, Drs. Moh Edy Harjito, menambahkan bahwa Gebyar SMK Lampung 2022 untuk membangkitkan kembali semangat siswa SMK di Lampung dalam mengikuti pembelajaran secara normal.

Baca Juga:  Guru BK Sekolah Dijadikan Tim Gugus Tugas Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Sebab selama tiga tahun terakhir ini, sambungnya, siswa SMK tidak mengikuti pembelajaran tatap muka secara langsung, melainkan secara dalam jaringan (daring) online, disebabkan pandemi Covid-19.

“Gebyar SMK Lampung ini juga untuk memotivasi anak-anak dan guru-guru, agar dapat belajar lebih baik dengan kondisi normal seperti sebelum pandemi,” ujar Kepala SMKN 2 Bandar Lampung itu.

Momentum ini juga, katanya, menjadi harapan bersama dalam meningkatkan kompetensi siswa baik secara soft skill maupun hard skill. “Kegiatan ini sangat bagus karena dapat meningkatkan kompetensi siswa,” tuturnya.

Diketahui, kegiatan Madabintal yang digelar di Pantai Klara, Kabupaten Pesawaran, pada 23-25 Agustus 2022, Disdikbud Lampung menggandeng Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung yang dikomandani Letkol Laut (P) Zul Fahmi, S.E., M.Tr.Hanla., M.M. (***)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *