Peringati Isra Mi’raj, Dandim 0410/KBL Dan Jajaran Laksanakan Istighosah Kubro Secara Virtual

  • Bagikan
Kodim 0410/KBL melaksanakan Istighosah Kubro dalam rangka memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H/2023. ISTIMEWA

Potensinews.id, BANDAR LAMPUNG — Dandim 0410 Kota Bandar Lampung Letkol Arm Tri Arto Subagio M.int.Rel.,M.M.D.S, bersama jajarannya melaksanakan Istighosah Kubro dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam 1444 H/2023.

Sebelum Istighosah berlangsung, Dandim bersama jajarannya juga tampak melaksanakan shalat Subuh berjamaah yang di pimpin oleh tokoh agama setempat Ustadz Ade, di Musholla Palapa Kodim 0410/KBL, pada Minggu (19/2)

Untuk diketahui, Istighosah tersebut berlangsung secara virtual yang dilaksanakan terpusat dari Masjid Agung Cianjur, Jawa Barat, pada Minggu, 19 Februari 2023.

Dalam kegiatan yang digelar terpusat tersebut, tampak hadir Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, Ketua MUI K.H. M Cholil Nafis dan juga Kepala staf angkatan darat (Kasad) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman.

Baca Juga:  Dandim Tri Arto Berikan Penghargaan Kepada Personel Berprestasi

Pada kesempatan itu, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan Istighosah Kubro yang berlangsung khidmat tersebut.

“Selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia atas undangan dan terselenggaranya kegiatan ini,” ujar Kasad di kutip dari sambutannya di Cianjur, Jawa Barat, Minggu (19/2)

Terkait peringatan Isra Mi’raj itu sendiri, Kasad mengatakan, itu merupakan perjalanan spiritual yang luar biasa, sekaligus merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW.

“Yakni, pertemuan antara Rasulullah dengan Sang Khalik Allah SWT untuk mendapatkan perintah tentang salat,” katanya 

Bahkan, menurut pendapat beberapa ahli, diungkapkapnya, peristiwa Isra Mi’raj memiliki dimensi pemahaman tentang syariah, hakikat dan makrifat. Serta pertemuan paling bersejarah antara makhluk ciptaan Allah SAW dari segala sesuatu yang ada di alam semesta.

Baca Juga:  SMKN 8 Palembang Peringati Isra Mi'raj

Sedangkan bagi TNI AD, Kasad menilai, peristiwa Isra Mi’raj memberikan pelajaran dan keteladanan tentang ketaatan terhadap pemerintah sekaligus keteladanan tentang kepedulian pemimpin terhadap anak buah.

Beliau berharap, agar peringatan Isra mi’raj kali ini dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, serta dapat mengimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Melalui kegiatan Istighosah Kubro yang dilakukan, Kasad menjelaskan, merupakan salah satu sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT agar memperoleh ketenangan di dunia dan semakin kuat, serta memberikan penjelasan dan kesabaran dalam menerima musibah dan bencana sebagai ujian untuk mampu kembali bangkit ke arah perbaikan kehidupan yang lebih baik di tengah bidang kehidupan yang semakin dinamis dan kompleks.

Baca Juga:  Tumbuhkan Jiwa Patriot Dan Kedisiplinan, Babinsa Latih Linmas PBB Dan Wawasan Kebangsaan

Kasad juga berpesan kepada para Prajurit TNI AD, dalam setiap kesempatan bahwa, “Angkatan darat harus selalu berada di tengah-tengah kesulitan rakyat, apapun bentuknya kesulitan tersebut. Serta harus selalu menjadi solusi karena rakyat adalah ibu kandungnya TNI,” ujar Jenderal bintang empat tersebut. (rls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *