Siapkan Lulusan Bersertifikasi Nasional, IIB Darmajaya Bentuk LSP

  • Bagikan

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti Apresiasi Calon Lembaga Sertifikasi Profesi (CLPS) yang diselenggarakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) secara daring pada Rabu, (24/8/22).

Apresiasi CLPS merupakan rangkaian dalam pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) oleh BNSP. Kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut dihadiri perwakilan BNSP Drs. Mulyanto, M.M. selaku anggota Badan Lisensi.

Drs. Mulyanto, M.M., mengatakan terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam pembentukan LSP. “Seperti sarana, SDM, dan support penuh dari pimpinan perguruan tinggi,” ungkapnya.

LSP, lanjut dia, merupakan penjaminan mutu dari sebuah kompetensi. “LSP ini tidak hanya sebagai penyelenggara karena akan menyusun materi uji kompetensi untuk menghasilkan peserta ataupun lulusan yang kompeten,” tuturnya.

Baca Juga:  The Best, Mahasiswa IIB Darmajaya Juara 1 Lomba Cipta Puisi Peksimprov Lampung 2022

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan kampus the best di Indonesia ini memiliki komitmen dalam meningkatkan pembelajaran berkualitas menjadi hal yang penting untuk memberikan sertifikasi kepada lulusan. “Keahlian yang diberikan selama ini menjadi lebih lengkap dengan adanya sertifikasi untuk menunjang persaingan di dunia kerja,” ungkapnya.

Warek 1 pun mendukung penuh dalam pembentukan LSP sebagai lembaga peningkatan mutu pendidikan di IIB Darmajaya. “Dengan terbentuknya LSP menjadi lulusan tersertifikasi dengan keahlian dari bidang keilmuan di kuliahnya,” tuturnya.

Baca Juga: MTs Negeri 2 Bandar Lampung Gelar Talkshow Bahasa Inggris Untuk Kelas Unggul dan Khusus

Baca Juga: Juara Peksimiprov Lampung 2022, Tiga Mahasiswa IIB Darmajaya Menuju Peksiminas di Malang

Baca Juga:  Lindungi Profesi Guru, PGRI dan Polresta Tantadatangani Perjanjian Kerja Sama

Sementara, Kepala UPT Pelatihan selaku PIC LSP IIB Darmajaya, Riko Herwanto, S.Kom., M.T.I., mengatakan pendirian LSP IIB Darmajaya ini sebagai wadah untuk mensertifikasi lulusan kampus biru.

Sertifikasi didapatkan dari matakuliah unggulan tiap prodi dan disesuaikan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). “Sertifikat ini nantinya akan menjadi dokumen penyerta ijazah,” ungkapnya.

Menurut dia, pembentukan LSP dimulai sejak tahun lalu, sehingga saat ini adalah tahapan apresiasi atas usaha bentukan CLSP IIB Darmajaya oleh Badan Nasional Setifikasi Profesi (BNSP).

Tahap selanjutnya adalah Full Assesment (verifikasi lapangan) sampai diterbitkannya Lisensi atas LSP IIB Darmajaya. “Setelah diterbitkannya lisensi oleh BNSP maka LSP akan membuat skema kompetensi didasarkan matakuliah unggulan dari tiap prodi,” bebernya.

Baca Juga:  IIB Darmajaya - BNN Lampung Siap Berantas Narkoba di Lingkungan Kampus

Dia berharap LSP IIB Darmajaya bisa memperkaya skema sertifikasi dengan bertambahnya jumlah skema dan aksesor tiap periode semester. “LSP ini juga dalam mendukung peningkatan kompetensi lulusan dalam meraih persaingan dunia kerja,” pungkasnya.

Dalam kegiatan apresiasi turut juga dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I.; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Aswin, S.E., M.M., Kepala UPT Pelatihan Riko Herwanto, S.Kom., M.T.I., dan panitia pelaksana CLSP IIB Darmajaya. (**)

Baca Juga: BAN-PT Tetapkan Akreditasi Prodi Akuntansi IIB Darmajaya “Baik Sekali”

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *