Hadirkan Narasumber dari UGM, Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya Gelar Workshop Pembuatan Media Ajar

  • Bagikan

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Workshop Pembuatan Media Ajar dan Video Interaktif dengan Mengintegrasikan Project Based Learning dan Case Method di Aula Pascasarjana, Senin (5/9/22).

Workshop menghadirkan pembicara Dr. Sunu Wibirama dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta secara daring yang diikuti seluruh dosen Prodi Teknik Informatika di Aula Pascasarjana.

Pengajar dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM Yogyakarta ini menerangkan tahapan pembuatan media ajar dan video interaktif dalam perkuliahan.

Menurut dia, dengan diawali menyiapkan materi perkuliahan sesuai capaian pembelajaran mata kuliah. “Yang perlu diperhatikan selain teknikal juga pemahaman fundamental. Jadi apa materi yang disampaikan itu bisa lebih diulang lagi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bimtek Kurikulum Merdeka, Dosen Prodi Sistem Informasi - Alumnus Pascasarjana Darmajaya Jadi Pembicara

Sunu Wibirama menuturkan untuk pembuatan video pembelajaran dapat dilakukan dengan menyiapkan peralatan yang ada. “Dapat menggunakan kamera handphone dengan layar di belakang menggunakan kertas ataupun green screen. Dulu saya belum menggunakan green screen karena tidak begitu tahu, tetapi banyak dijual di marketplace,” kata dia.

Baca Juga: Dua Kandidat Calon Ketua PW IWO Lampung

Baca Juga: BI Sosialisasi Uang Emisi Baru Pada Mubes IWO Lampung

Untuk video yang sudah diambil, lanjut dia, dapat menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Camtasia ataupun canva. “Saya pernah mengedit video hanya dalam waktu 30 menit menggunakan canva yang pro,” ucapnya.

Menurut dia, untuk menampilkan salindia materi dalam pembelajaran mata kuliah dapat disisipkan dengan video. “Konten media pembelajaran dalam bentuk video juga dibuat pengantar agar konten lebih menarik. Modul yang ditampilkan tidak terlalu fokus karena ujung-ujungnya mahasiswa akan melihat videonya karena kecenderungan lebih suka audio visual,” tuturnya.

Baca Juga:  K3S Merbau Mataram Adakan Rakor Rutin

Sementara, Ketua Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya, Dr. Chairani, S.Kom., M.Eng., mengatakan kegiatan workshop bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa/I dalam kelas lebih menarik dan mudah dipahami. “Media ajar dan video interaktif yang dibuat juga diintegrasikan melalui project based learning dan case method dalam setiap mata kuliah,” ungkapnya.

Menurut dia, modul materi yang diberikan menarik juga meningkatkan pemahaman dan kompetensi mahasiswa yang bermuara kepada output lulusan yang berdaya saing di dunia kerja.

“Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa dengan memenuhi capaian pembelajaran lulusan (CPL). Semoga dengan workshop ini juga menambah wawasan dari seluruh dosen untuk meningkatkan pembelajaran mata kuliah dalam bentuk media ajar dan video interaktif,” tutupnya. (**)

Baca Juga:  Hibah PKKM, Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya Gelar Bimbingan Teknis Revitalisasi Kurikulum Berbasis OBE dengan Dua Narasumber

Baca Juga: 6 Kepala Daerah Terima Penghargaan IWO Lampung 2022

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *