Dinsos Lampung Salurkan Alat Bantu-Paket Usaha kepada Penyandang Disabilitas

  • Bagikan

Potensinews.id, LAMPUNG SELATAN – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung menyerahkan bantuan sosial kepada disabilitas pada momen Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023.

Bantuan yang diberikan berupa alat bantu disabilitas, pengobatan, Paket Usaha Ekonomi Produktif (UEP), santunan kepada LKS, dan Sembako sebanyak 200 paket, serta bantuan lainnya, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyerahan dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) tahun 2023, dibarengi dengan Peresmian Gedung Sekretariat Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung (PKDL), Jumat (22/12/2023).

yang ditandai dengan pengguntingan pita, serta dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Ketua Umum PKDL Lampung Riana Sari Arinal, didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi

Dalam kesempatan itu Ketua Umum PKDL Riana Sari Arinal mengucapkan selamat atas diresmikannya Gedung Sekretariat PKDL.

“Semoga dengan diresmikannya kantor ini, dapat meningkatkan kinerja PKDL dalam memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi dalam kesempatan itu juga menyampaikan,

Baca Juga:  Gubernur Arinal Beserta Danrem 043, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, Melepas Peserta Sriwijaya Lampung Run 2024

 

pada puncak peringatan HDI, HKSN tingkat Provinsi Lampung, yang dibarengi dengan Peresmian Sekretariat PKDL ini akan diserahkan juga bantuan secara simbolis antara lain:
Bantuan untuk 3 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), yaitu Sinar Jati Kota Bandar Lampung, LKS Sabilun Najah dan LKS Srikandi Kabupaten Lampung Tengah masing-masing berupa :
– Hibah uang masing-masing senilai Rp 75.000.000,- untuk rehab gedung
– 1 unit sepeda motor
– Paket UEP steam motor
– Bantuan kaki palsu (2 orang) atas nama
Fitria Afriyadi dari Jati Agung Lampung Selatan, dan Kamaludin dari Bandar Lampung.
– Bantuan kursi roda (2 unit) atas nama
Mardani (Kab. Lampung Selatan)
Nasiah (Kab. Lampung Selatan)

Bantuan biaya pendampingan pengobatan kepada masyarakat masing-masing senilai Rp6.500.000,- a.N. :
Diaz Maulana (Kabupaten Lampung Selatan) Nawaitu Aditia Suhada (Kabupaten Tulang Bawang)
Ade Putri Liani (Bandar Lampung)
Bantuan paket sembako sebanyak 200 paket.

Piagam penghargaan bagi masyarakat yang peduli disabilitas atas nama
– Susanto/ pak koko, atas dedikasi, loyalitas dalam melatih anak-anak penyandang disabilitas.
– Indrayati, atas dedikasi, loyalitas sebagai guru melukis dan mendongeng anak-anak penyandang disabilitas.

Baca Juga:  Budhi Condrowati Minta Pemprov Antisipasi Dampak El-Nino

Perlu disampaikan, Sekretariat PKDL berlokasi di Jalan Prof. Dr. Hamka, Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan (sebelah SMA Negeri 12), terdiri dari dua gedung utama, yaitu gedung pertama seluas 429,18 m2, dipergunakan sebagai kantor sekretariat PKDL sekaligus galeri pameran hasil karya penyandang disabilitas, gedung kedua seluas 294,15 m2, digunakan sebagai tempat pelatihan dan pembelajaran penyandang disabilitas khususnya netra dan tuna rungu.

Peringatan ini bertujuan untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di segala bidang, sedangkan hari kesetiakawanan nasional diperingati setiap tanggal 20 Desember, sebagai ungkapan rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain, yang ingin menjajah kembali bangsa kita.

Pemprov Lampung telah memiliki regulasi tentang pemenuhan hak-hak disabilitas dalam bentuk Perda maupun peraturan Gubernur, sebagai bentuk kepedulian pemerintah provinsi Lampung terhadap masyarakat di Provinsi Lampung yang menyandang disabilitas.

Baca Juga:  Gubernur Arinal Djunaidi Meraih Anugerah KPI Tahun 2023 Kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran

Sebagai bentuk komitmen konkret yang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Lampung, sesuai dengan misi pemerintah yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas.

Pada peringatan HDI dan HKSN tahun ini dirinya mengajak masyarakat untuk  peduli dan memperkuat solidaritas bagi perlindungan penyandang disabilitas, berperan aktif dan berkontribusi di tengah masyarakat serta mampu memberikan ruang kreativitas bagi penyandang disabilitas.

“Saya juga mengajak seluruh pemerintah juga masyarakat di Provinsi Lampung untuk menjadi pahlawan kemanusiaan melalui berbagai upaya yang bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan serta memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas, dan mempunyai rasa empati serta memiliki jiwa kerelawanan sejati untuk membantu sesama,” tutupnya.

Perlu diketahui, pada gelaran acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan karya seni, stand kuliner serta pameran hasil karya kerajinan tangan dari para penyandang Disabilitas. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *