PLN NP Raih Penghargaan Internasional untuk Program CSR Terbaik

  • Bagikan
PLN NP Raih Penghargaan Internasional untuk Program CSR Terbaik
PLN Nusantara Power (PLN NP) terus mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan yang berkomitmen penuh terhadap pelestarian lingkungan dan pengembangan masyarakat. Foto: Dok PLN NP

Potensinews.idPLN NP raih penghargaan internasional untuk program CSR terbaik.

PLN Nusantara Power (PLN NP) terus mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan yang berkomitmen penuh terhadap pelestarian lingkungan dan pengembangan masyarakat di sekitar wilayah bisnisnya. 

Melalui Unit Pembangkit (UP) Gresik dan program OM BUDI, PLN NP berhasil mendapatkan penghargaan Best Community Programme pada gelaran Global CSR & ESG Award 2024 yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.

Global CSR & ESG Awards merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai dengan standar internasional.

Dan diharapkan dapat membawa perubahan mendasar pada bisnisnya melalui pendekatan terhadap Environment (lingkungan), Social (sosial), dan Governance (tata kelola) yang lebih dikenal dengan ESG.

Baca Juga:  PLN NP Kumpulkan 91 Ton Sampah di Hari Lingkungan Hidup

Di tahun ini, acara tersebut diadakan di Hanoi, Vietnam dan merupakan yang ke-16 sejak pertama kali diselenggarakan.

Agenda ini terdiri dari serangkaian kompetisi dan forum konferensi internasional yang telah dimulai sejak akhir tahun 2023.

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah, menyampaikan komitmen perusahaan dalam pengembangan sosial dan lingkungan. 

Menurutnya, PLN Nusantara Power berusaha semaksimal mungkin untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat di sekitar wilayah bisnisnya melalui pemberdayaan.

“PLN Nusantara Power memiliki DNA yang selalu bersinergi dengan masyarakat dalam program pemberdayaan. 

“Salah satunya adalah program CSR UP Gresik, yaitu OM BUDI (Komunitas Budidaya Terintegrasi), yang berhasil mencapai omset sebesar 561 juta rupiah selama periode 2021-2023,” terang Ruly, Kamis, 2 Mei 2024. 

Baca Juga:  Jumlah Aduan Konsumen Pinjol Kepada OJK Triwulan I hingga III

Program OM BUDI telah direncanakan sejak tahun 2019 dan terus berjalan secara kontinyu berdasarkan roadmap hingga tahun 2024. 

Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pengembangan budidaya kepiting dan perikanan dengan mengalihfungsikan lahan bekas abrasi yang tidak bisa ditanami kembali di Pulau Bawean, Jawa Timur.

Selain itu, program ini juga menerapkan energi ramah lingkungan melalui instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1.000 Wp yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi program OM BUDI.

Sebanyak 190 masyarakat rentan terlibat langsung dalam program ini dan merasakan dampak positifnya, seperti peningkatan tingkat kesejahteraan yang mencapai Rp2.500.000 per bulan per orang.

“OM BUDI juga berdampak langsung terhadap lingkungan melalui pencegahan abrasi yang ada di Pulau Bawean,” tambah Ruly.

Baca Juga:  PLN NP Garansi Pasokan Listrik Stabil Usai Libur Lebaran

Fauzi Iskandar, Senior Manager UP Gresik, menyatakan tujuan dalam pelaksanaan program OM Budi dari UP Gresik ini.

“Program OM BUDI ini adalah bentuk keselarasan antara bisnis dengan lingkungan serta sosial masyarakat. 

“Dalam menciptakan dampak yang berarti, kami melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan nilai produk kami, konsisten dalam mengurangi dampak terhadap lingkungan, serta mendorong pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan,” ungkap Fauzi Iskandar.

UP Gresik telah mengikuti proses pengajuan dan memenuhi kriteria pada bulan Januari 2024. 

UP Gresik membawakan program pemberdayaan masyarakat pesisir Pulau Bawean, yaitu OM BUDI (Komunitas Budidaya Terintegrasi), dalam kontestasi level internasional ini.

  • Bagikan