Potensinews.id – Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menggelar pelatihan intensif bagi guru matematika di Kabupaten Lampung Selatan.
Pelatihan ini berfokus pada optimalisasi pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam menyusun desain pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk meningkatkan literasi matematis.
Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kalianda pada Sabtu, 1 November 2025.
Perwakilan tim pelaksana dari FKIP Unila, Dr. Sri Hastuti Noer, M.Pd., menekankan bahwa pelatihan ini penting untuk menjawab tantangan pendidikan abad ke-21 yang menuntut integrasi teknologi dan pendekatan STEM.
“Kami ingin meningkatkan kompetensi guru matematika dalam mengintegrasikan pendekatan STEM dengan teknologi AI guna mendukung penguatan literasi matematis di sekolah,” jelas Dr. Sri Hastuti Noer.
Pelatihan melibatkan tim dosen, yaitu Nurain Suryadinata, M.Pd., Dr. Sri Hastuti Noer, M.Pd., dan Daniel Rinaldi, M.Eng., serta mahasiswa pendamping dari Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Teknologi Informasi.
Materi yang disampaikan mencakup pengenalan konsep dan filosofi STEM, hasil penelitian efektivitas STEM oleh mahasiswa Jeremi Samuel Tigor Simbolan, dan strategi pengaplikasian literasi matematis oleh Nurain Suryadinata.
Puncak pelatihan adalah sesi yang dibawakan oleh Daniel Rinaldi, M.Eng., mengenai Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Berbasis STEM.
Peserta diperkenalkan pada tools AI spesifik seperti Teachy AI dan Magicschool AI, dan langsung diajak praktik merancang desain pembelajaran menggunakan alat tersebut.
Para guru menunjukkan antusiasme tinggi selama sesi praktik, yang diakhiri dengan pemberian penugasan untuk membuat desain pembelajaran berbasis STEM menggunakan AI.
Melalui kegiatan ini, FKIP Unila berharap guru-guru matematika di Lampung Selatan mampu menciptakan inovasi pembelajaran yang lebih kreatif, adaptif, dan relevan dengan perkembangan teknologi masa kini.












