Pos Ahass Tefa SMKN 2 Bandar Lampung Bekali Siswa Keterampilan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

  • Bagikan

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Sinergi antara PT Tunas Dwipa Matra (TDM) dan SMKN 2 Bandar Lampung dalam hal pembelajaran dengan konsep suasana sesungguhnya atau teaching factory (Tepa), disambut baik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Bahkan, keseriusan pada program Tefa tersebut, kedua belah pihak mendirikan Pos Ahass Tefa SMKN 2 Bandar Lampung. Peresmian dan penandatanganan kerja sama dalam hal itu dilakukan di Pos Ahass Tefa, di lingkungan sekolah setempat, Selasa (13/9/2022).

Selain memberikan kesempatan kepada siswa SMK untuk melatih keterampilan, kehadiran Pos Ahass Tefa SMKN 2 yang mampu membangun instruksional antara kelas dan dunia kerja, ini juga dalam rangka mempersiapkan lulusan menjadi pekerja dan wirausaha.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Lampung, Dra. Zuraida Kherustika, M.M, saat meresmikan Pos Ahass Tefa SMKN 2, mengatakan kerja sama ini dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa terkait teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM).

Baca Juga:  MAN 1 Bandar Lampung Sukses Adakan Bimbingan Karier Kelas XII

Pembinaan yang dilakukan PT TDM melalui Tunas Honda Pramuka terhadap siswa pada Kompetensi Keahlian TBSM, menjadi sarana pelatihan dan praktik secara langsung, guna mendukung penguasaan kompetensi yang dibutuhkan industri dan dunia kerja (Iduka).

“Pos Ahass Tefa SMKN 2 tidak hanya bisnis mencari keuntungan semata, namun sebagai tempat laboratorium menimba ilmu bagi para siswa,” ujar dia yang kesempatan itu mewakili Kepala Disdikbud Lampung, Drs. Sulpakar, M.M.

Baca Juga: MAN 1 Bandar Lampung Persembahkan Dua Medali di Ajang OSN – P 2022

Baca Juga: Direktorat MBKM Darmajaya Gelar Workshop Layanan Sistem Informasi Akademik Terintegrasi MBKM PKKM 2022

Menurutnya, salah satu tujuan pendirian Pos Ahass Tefa SMKN 2 Bandar Lampung yakni untuk menyiapkan lulusan SMK, agar menjadi manusia produktif dan mampu bekerja mandiri, guna mengisi kebutuhan Iduka atau wirausaha.

Baca Juga:  Lima Prodi di IIB Darmajaya Terima Program Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan RPL Tipe A Tahun 2023

“Kami sangat menyambut baik hadirnya Pos Ahass Tefa di SMKN 2 Bandar Lampung karena sangat bermanfaat bagi sekolah, siswa, dan masyarakat. Harapan kami ke depan juga akan muncul tefa-tefa lain pada SMK di Provinsi Lampung,” tuturnya.

Service Engineer Tunas Honda Pramuka, Agus Pratama, mengatakan bekerjasama dengan SMKN 2 Bandar Lampung dengan mendirikan Pos Ahass Tefa SMKN 2, bertujuan menciptakan kondisi bengkel secara nyata sebagai sarana pengembangan proses pembelajaran siswa.

Selain hal tersebut, katanya, pihaknya juga ingin memberikan pengenalan terhadap siswa tentang perbengkelan dan standar operasional prosedur (SOP), khususnya pada bengkel resmi Astra Honda Authorize Service Station (Ahass).

“Tentunya pengenalan ilmu perbengkelan di Pos Ahass Tefa SMKN 2 terhadap siswa pada Jurusan TBSM, ini melibatkan teknisi-teknisi yang sudah tersertifikasi oleh Honda,” kata Agus Pratama yang juga alumni SMKN 2 Bandar Lampung itu.

Baca Juga:  72 Lulusan SMK Farmasi Kesuma Bangsa Disumpah sebagai Asisten Tenaga Teknis Kesehatan

Sementara Kepala SMKN 2 Bandar Lampung, Drs. Moh Edy Harjito, mengatakan menggandeng PT TDM melalui Pos Ahass Tefa SMKN 2, merupakan salah satu program link and match kurikulum bersama Iduka, khususnya pada PT TDM.

Tujuan penyelarasan kurikulum tersebut, sambungnya, agar kurikulum SMK sesuai tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di Iduka. Sehingga, lulusan SMK ini memiliki etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan Iduka.

“Selain memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada siswa Jurusan TBSM, Pos Ahass Tefa SMKN 2 ini menyiapkan lulusan untuk siap bekerja dan beradaptasi di Iduka,” ujar Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung ini.

Diketahui hadir pada peresmian Pos Ahass Tefa SMKN 2, Kepala SMKN Padang Cermin Hadi Suwarno, A.Pi., M.Si, Kepala SMK Bhakti Utama Bandar Lampung, sejumlah kepala SMK, Lurah Gedong Meneng, dan tamu undangan. (***)

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *