Ekstrakurikuler Jurnalis MAN 1 Bandar Lampung Adakan Pelatihan Jurnalistik Praktis

  • Bagikan

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Peserta didik MAN 1 Bandar Lampung yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) jurnalis mengikuti pelatihan jurnalistik di Gedung Serba Guna MAN 1 Bandar Lampung, Rabu (19/10/222).

Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan jurnalistik dan memperkuat literasi peserta didik di era digital sekaligus menyambut anggota baru.

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Pelatihan Jurnalistik Kita Wujudkan Jurnalis MAN 1 Bandar Lampung yang Profesional dan Berintegritas” ini diikuti oleh 58 orang dengan menghadirkan pemateri dari kalangan media.

Wakamad Bidang Kurikulum MAN 1 Bandar Lampung, Hi. Asyiikin, M.Pd. menjelaskan bahwa ini mewadahi serta memfasilitasi pelatihan minat dan bakat siswa di bidang jurnalistik. Karena tim jurnalis dapat mengetahui tentang segala sesuatu yang ada di madrasah. Baik ada maupun tidak, tim jurnalis selalu mencari berita. Jurnalis harus memahami sumber informasi dengan jelas bukan berdasarkan katanya dan bisa memahami standar bahasa kaidah jurnalistik.

Baca Juga:  SMK YPS Serdang Tanjung Bintang Gelar Orientasi Organisasi Gabungan di Wira Garden

Kemampuan menulis, memiliki rasa yang ingin tahu yang sangat tinggi (peka ), terampil berbahasa dan disiplin sehingga menjadi kekuatan yang mampu menghasilkan jurnalis MAN 1 Bandar Lampung yang profesional dan berintegritas,” ujar Asyikin.

M. Faizzi Ardhitara sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut memulai dengan menyampaikan teori dasar jurnalistik terkait penulisan berita yaitu 5W+1H, menyusun liputan yang kemudian dalam penulisan berita.

Selain teknik penulisan berita, disampaikan juga teknik pengambilan foto yang dipaparkan oleh M. Husni Ramadhan (alumni MAN 1 Bandar Lampung dan juga mantan Ketua Jurnalis MAN 1 Bandar Lampung).

Pelatihan yang berakhir pada pukul 16.00 WIB ini dibuka oleh Wakamad Bidang Kurikulum MAN 1 Bandar Lampung. (***)

Baca Juga:  IIB Darmajaya Dukung Kolaborasi Apindo Lampung dalam Implementasi UMKM Merdeka Bersama Komunitas dan Organisasi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *