Viral Modus Kurir Kirim Resi Via WA Kuras Uang Korban, Begini Kata Ahli IT

  • Bagikan
Dok. Istimewa

Bandar Lampung (Potensinews.id) – Modus penipuan berkedok kurir jasa paket kini sedang viral di media sosial. Mereka menguras uang korban melalui Mobil Banking di Handphone korban.

Pelaku berpura pura menghubungi korban dengan dalih memberikan foto nomor resi jasa kirim paket kepada korban melalui pesan WhatApps.

“Selamat siang benar dengan mbak Tengku Elsa, kami dari J&T ada paket mau dikirim. Ini paketnya, mba,” pada percakapan hasil screen shoot.

Pelaku mengirimkan foto sebuah paket dikemas berwarna coklat dengan label layaknya jasa paket. Selanjutnya pelaku mengirimkan pesan yang bertuliskan Cek Resi JNT dan apk 8.0 MB.

Setelah korban mengecek dengan mengklik apk yang dikirimkan pelaku. Korban mendapat pesan sms dari layanan Bank BRI mobile yang berisi uang keluar dari rekening dengan nominal berbeda secara bertahap

Baca Juga:  Polisi Cari Petunjuk Penusukan Pelajar SD di Kotasepang

Menurut Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Lampung Rifki Indrawan, pengguna Smartphone harus lebih waspada dan teliti bila mendapat pesan singkat yang mencurigakan apalagi pesan itu dalam bentuk Aplikasi (apk)

“Kalau ada pesan yang kita gak kenal, jangan buru-buru dibuka. Baca lewat notifnya dulu kan bisa. Kalau pesan itu dalamnya apk jangan dibuka,” ujar Rifki, Jumat (9/12)

Rifki menjelaskan, pesan yang berbentuk apk adalah aplikasi yang dikirim pelaku untuk mengakses seluruh data dan mengontrol semua sistem di Handphone

“Apk itu kalau kita klik otomatis Hp kita dikuasi dia (pelaku). Dia bisa buka galeri kita, buka kamera foto, bisa akses mobile banking dan nguras uang kita. Bahaya apk itu,” terangnya.(Virgo)

Baca Juga:  Mantan Wakabareskrim Johny M Samosir Bongkar Dugaan Praktik Mafia Tambang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *