Forum Literasi Lampung Ramaikan Gerakan Nusa Membaca Gramedia

  • Bagikan
Forum Literasi Lampung Ramaikan Gerakan Nusa Membaca Gramedia
Sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi ke-50, Gramedia Lampung mempersembahkan Gerakan Nusa Membaca. Foto: Dok Gramedia

Potensinews.id – Forum Literasi Lampung ramaikan Gerakan Nusa Membaca Gramedia.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi ke-50, Gramedia Lampung mempersembahkan Gerakan Nusa Membaca, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap informasi dan pengetahuan melalui kegiatan literasi. 

Acara ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan di 30 lokasi di seluruh Indonesia, dengan Lampung menjadi salah satu titik penting.

Bernard Tarigan, Manajer Gramedia Lampung, menyatakan pentingnya Gerakan Nusa Membaca sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang lebih terdidik dan tercerahkan. 

“Kegiatan ini membawa harapan besar untuk menciptakan masyarakat yang memiliki akses luas terhadap berbagai jenis buku-buku bacaan,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara yang diadakan di Gramedia Jl Raden Intan Bandarlampung pada Minggu, 28 April 2024.

Baca Juga:  Instagram dan Facebook Ambruk Serentak, Pengguna Panik, ini Penyebabnya

Rangkaian kegiatan menarik dimulai dengan sesi membaca buku bersama, di mana peserta diberi kebebasan untuk memilih buku bacaan yang mereka sukai di Toko Buku Gramedia. 

Setelah itu, mereka diberi waktu untuk membaca buku tersebut sebelum dilanjutkan dengan sesi ulasan buku dan pengumuman pemenang lomba.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk guru, mahasiswa, komunitas literasi, dan relawan. 

Salah satu kelompok yang turut serta adalah Forum Literasi Lampung, yang aktif dalam mendukung gerakan literasi di daerah tersebut. 

Selain membaca buku bersama, kegiatan ini juga mencakup lomba mengulas isi buku, sesi sharing dengan Komunitas Literasi, tutorial pembuatan DIY Book Bouquet, dan penyaluran donasi buku dari Gramedia.

Baca Juga:  Ketua PWNU Lampung: Politik NU Adalah Politik Kebangsaan

Gunawan Handoko, Ketua Komunitas Minat Baca Indonesia (KMBI) Provinsi Lampung, menekankan pentingnya kegiatan literasi dalam membangun masa depan bangsa.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai sarana untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi bagi generasi mendatang,” ungkapnya.

Beberapa peserta berhasil meraih gelar juara dalam lomba mengulas buku, sementara mahasiswa dari Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung juga turut berbagi keahlian mereka. 

Mereka mendapatkan hadiah berupa buku dari Gramedia sebagai apresiasi atas partisipasi mereka.

Eni Amaliah, Ketua Forum Literasi Lampung (FLL), menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gramedia Lampung atas dukungannya dalam gerakan literasi. 

“Bantuan buku-buku bacaan yang diberikan kepada komunitas literasi di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung sangat berarti bagi kami,” katanya.

Baca Juga:  Kakanwil Kemenag Lampung Pimpin Doa Pengukuhan Perwakilan Kepala Bank Indonesia

Amaliah juga menyoroti kebutuhan akan buku-buku bacaan di daerah pedalaman Lampung yang masih minim akses ke toko buku. 

“Masyarakat di daerah pedalaman dan para pemuda membutuhkan buku-buku berkualitas sebagai langkah awal menuju kemajuan bangsa,” tambahnya.

Forum Literasi Lampung berharap agar semakin banyak pihak yang terlibat dalam mendukung gerakan literasi ini, sehingga mimpi terciptanya masyarakat yang lebih cerdas dan terdidik dapat segera terwujud.

  • Bagikan